Harga Bawang Merah dan Aneka Cabai Terkendali

Beberapa hari terakhir masyarakat mengeluhkan kenaikan harga sejumlah beberapa komoditas, seperti aneka cabai dan bawang merah. Data Pusat Informasi Harga Pangan Srategis Nasional (PIHPSN) pada 14 Agustus 2018 menyebut, di tingkat retel terpantau relatif terkendali. Beberapa bahkan terpantau turun dibanding hari sebelumnya.

Kenaikan terpantau hanya terjadi pada cabai rawit merah, naik tippis 0,22% atau Rp100 per kilogram, menjadi Rp 44.650. Sementara cabai merah besar turun 0,29% atau Rp 100 menjadi Rp 34.500 per kg. Cabai merah keritng dan cabai rawit hijau masing-masing turun 0,28% dan 0,93%, menjadi Rp 36.500 per kg dan Rp 37.450 per kg.

Sedangkan bawang merah sedang turun 0,93% atau Rp 100 per kg menjadi Rp 26.700. Harga ini merupakan rerata dari pasar tradisional di Indonesia yang dipantau PIHPSN.

Menurut Direktur Pengembangan Agribisnis Pasar Komoditas Nasional (Paskomnas), Soekam Parwadi, perkembangan terkini harga bawang dan cabai masih wajar. Tidak ada alasan harga akan naik, sebab setahun terakhir ini harga bawang merah justru sangat rendah, khususnya di daerah Brebes dan sekitarnya.“Selama harga bawang merah di eceran masih di bawah Rp 32.000 per kg, artinya masih sangat wajar dan aman. Pada Idul Adha ini dipastikan harga bawang merah aman terjangkau. Pasokan petani terjamin, harga stabil,” tegasnya.

Seorang petani bawang merah yang juga Kepala Desa Ketanggungan Brebes, Sofani mengungkapkan harga bawang merah sayur di tingkat petani Brebes saat ini rata-rata Rp 12-13 ribu per kg. "Harganya stabil, menjelang Idul Adha kalau pun naik hanya sedikit saja," ujar Sofani. Masyarakat  tak perlu khawatir kenaikan harga, karena petani menjamin pasokan cabai dari sentra-sentra produksi sehingga kini terkendali lancar. “Masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan cabai segar. Kami jamin akan terus mensuplai penuh ke pasar induk dan beberapa pasar di kota besar. Kami juga sudah kerja sama dengan jaringan Alfamidi untuk membantu masyarakat mendapatkan cabai segar,” ujar Suhendar, Ketua Gapoktan Mujagi Kabupaten Cianjur yang juga Sekretaris Asosiasi Champion Cabai Indonesia.

Untuk itu Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Suwandi mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak perlu isu yang beredar. "Semua terpantau adem ayem dan stabil. Masyarakat diimbau tidak terpengaruh isu-isu harga yang menyesatkan”, kata Suwandi dalam keterangan tertulis yang diterima redakai SWA Online (15/08/2018).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)