Trends

Hari Kuliner Nasional di Bali Diikuti 1.000 Mitra UMKM Kuliner

Guna meredam dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19, GoFood hadirkan program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) untuk membantu ribuan UMKM menjaga keberlangsungan bisnisnya. Program unggulan GoFood yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020 dan diikuti lebih dari seribu outlet merchant di Bali. Selain mendukung usaha mitra UMKM, program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja serta sekaligus membantu menjaga penghasilan harian mitra driver yang mengantarkan makanan selama pandemi COVID-19.

Promo HARKULNAS GoFood menawarkan pengalaman berkuliner dengan keuntungan yang bisa diminati pengguna, diantaranya: diskon hingga 40% untuk menu HARKULNAS GoFood setiap hari, diskon 70% menu HARKULNAS GoFood setiap hari Kamis & Sabtu pukul 13.00 – 16.00 WIB dan pada puncak HARKULNAS GoFood 5 Mei: diskon 55% sepanjang hari.

“Di tengah masa COVID-19 saat ini, Gojek terus berupaya agar mitra merchant UMKM lokal bisa terus menggeliat dan memperoleh penghasilan. Adanya perubahan pola konsumsi di masyarakat lokal yang kian mengandalkan aplikasi online membuat Gojek terus berinovasi untuk bisa memberikan layanan sebaik mungkin bagi konsumen, terutama untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Bali. Sehingga baik mitra driver maupun mitra merchant kami bisa terus mendapatkan penghasilan, namun tetap melakukan aktivitas sesuai dengan standar higienitas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kami berharap mitra-mitra merchant kami memanfaatkan peluang ini untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka di masa pandemik ini,” ungkap Leo Wibisono – VP, Strategic Regional Head wilayah Jatim & Bali Nusra

Melaui Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) GoFood mendukung penjualan harian mitra merchant UMKM antara lain dengan memaksimalkan eksposur dan visibilitas untuk meningkatkan traffic serta potensi penjualan, penempatan merchant di in-app shuffle cards, promotile banner, dan lain-lain. GoFood juga memberikan voucher diskon ongkos kirim untuk menarik minat pelanggan memilih spesifik merchant, mengajak merchant membuat promo mandiri secara fleksibel melalui fitur Recommended Campaign (RC feature) di aplikasi GoBiz dan “Traktir Driver Gojek” yang memberikan konsumen pilihan untuk berbagi dengan driver Gojek dengan tetap mengutamakan pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 dengan mendistribusikan hand sanitizer, menerapkan jaga jarak aman, melindungi diri dengan masker baik bagi mitra merchant maupun mitra driver Gojek, serta melakukan pengiriman makanan/minuman tanpa kontak fisik.

Upaya Gojek dan GoFood yang secara konsisten mendukung keberlangsungan usaha mitra UMKM dan pendapatan mitra driver Gojek ini menurut Leo diapresiasi oleh Pemerintah. Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan, “Dalam situasi seperti saat ini, kami sangat mengapresiasi langkah proaktif Gojek dengan layanannya GoFood yang mendukung puluhan ribu UMKM. Selain menjadi platform untuk berjualan online, Gojek dan ekosistemnya bisa saling meringankan beban satu sama lain. Melalui layanan pesan-antar makanan, GoFood dapat mendorong arus permintaan terhadap UMKM sehingga mereka dapat terus bekerja dan berpenghasilan. Semangat gotong-royong inilah yang sangat diperlukan untuk terus membantu menghidupi para UMKM dan keluarganya di masa yang sulit ini.”

Sebagai pelopor festival kuliner online yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, HARKULNAS GoFood tahun ini menawarkan lebih dari 183.000 menu kuliner dengan harga khusus.

HARKULNAS GoFood 2019 mencatat total dan pertumbuhan nilai transaksi secara nasional pada outlet mitra merchant GoFood meningkat sebesar 42% serta rata-rata transaksi setiap mitra merchant GoFood meningkat sebesar 21%, termasuk di wilayah Bali.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi di HARKULNAS GoFood 2019, Fatkhur Rochman pemilik Wong Jember Extra Pedas Mba Inna, Gelogor Carik mengatakan, “Kami sangat terbantu dengan program-program seperti HARKULNAS GoFood. Selama periode HARKULNAS GoFood tahun 2019 kemarin, outlet kami mengalami kenaikan penjualan hingga 3 kali lipat dan masyarakat semakin banyak mengenal usaha kuliner kami. Oleh karena itu, tahun ini kami berpartisipasi kembali di HARKULNAS GoFood, yang kami harap juga akan dapat menambah penjualan di situasi COVID-19 ini.”

Program HARKULNAS ini hadir untuk pelanggan di Jabodetabek dan kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, Palembang, Makassar, Semarang, Medan, Yogyakarta, Manado, Malang, Padang, Lampung, Solo, Pekanbaru, dan Batam. Untuk bisa menikmati promo ini, pelanggan bisa mengunjungi layanan GoFood di aplikasi Gojek dan mengetuk banner HARKULNAS untuk menemukan merchant kuliner terdekat.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved