Harkulnas GoFood Tingkatkan Omzet Merchant 10%

GoFood meningkatkan omzet 74.000 mitra usaha melalui beragam promo Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) yang berlangsung 1 April – 5 Mei lalu. Jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi  rata-rata 12% lebih tinggi dibandingkan merchant di luar program.

Untuk meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards di aplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan, memberikan promo ongkir, mengurangi biaya operasional, serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur “Recommended Campaign” di aplikasi GoBiz.

Chief Food Officer Grup Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, mengatakan, jika dilihat dari jumlah transaksi, GoFood justru mengalami peningkatan. Konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah. Hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya.

“Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun kami lakukan, termasuk Harkulnas GoFood untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM,” ujar Catherine.  

Menurutnya, Batam, Jabodetabek, dan Surabaya mencatat pertumbuhan transaksi tertinggi selama program, Sementara aneka kopi menjadi minuman yang paling sering dipesan, ayam geprek dan aneka nasi goreng paling banyak dipesan karena selain sudah populer di GoFood, pengguna kini turut memesan menu tersebut untuk anggota keluarga yang lebih lama menghabiskan waktu di rumah. Sedangkan waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00 - 20.00 WIB (sebelum Ramadan) dan pukul 16.00 - 19.00 WIB (saat Ramadan) 

Pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10% di awal bulan Mei ini, dibandingkan minggu sebelumnya di bulan April. Bahkan, beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi, yaitu 30% dibandingkan sebelum masa pandemi, hal ini dikarenakan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)