Hartono Ciptakan Toko Elektronik Ritel Berkonsep Digital

Hartono Elektronik merupakan salah satu perusahaan ritel elektronik yang berpusat di Kota Surabaya. Sejak didirikan tahun 1978, perkembangan toko ini pesat, sehingga sering menerima penghargaan, sala satunya Top Brand Award selama 7 tahun berturut-turut. Dengan 7 outlet tersebar di Surabaya, Sidoarjo, dan Malang, kini Hartono melebarkan bisnisnya ke Jakarta.

Ekspansi Hartono ke Jakarta dilakukan seiring dengan perkembangan tren belanja elektronik yang telah beralih ke arah digital. Hartono berinovasi menciptakan Digital Retail Store yang memiliki dua hal penting, yaitu sistem digitalisasi toko yang menggunakan layanan digital in-store untuk mempermudah dan mempercepat kastemer dalam melakukan pembelian dan experience in-store, yaitu membuat pelanggan nyaman dan mudah untuk merasakan produk elektronik secara langsung di toko.

“Kehadiran Hartono Super Store di Pondok Indah Jakarta Selatan sekaligus ditandai dengan perkenalan aplikasi My Hartono. Di gerai ini, pelanggan dapatt melakukan In-store Shop & Go di mana pembelian produk di toko dilakukan hanya melalui scan QR Code pada produk, dan dapat langsung dibayar melalui aplikasi My Hartono di smartphone,” ujar Roy Suprapto, Direktur Utama Hartono Elektronik.

Menurutnya, produk yang dibeli otomatis akan langsung disiapkan oleh pramuniaga dan pelanggan dapat langsung mengambil barang saat itu juga tanpa antre melalui kasir. Jika memerlukan bantuan, customer dapat memakai fitur In-Store Help cukup dengan scan QR Code berwarna kuning yang tersebar di dalam toko untuk memanggil pramuniaga mendatangi lokasi dimana customer berada. Keuntungan fitur ini adalah, customer dapat dengan bebas dan leluasa melihat barang-barang di dalam toko tanpa perlu merasa terganggu.

Aplikasi My Hartono juga memiliki fitur store visit. Pelanggan dapat membuat janji bertemu dengan pramuniaga di toko untuk memberikan bantuan penjelasan akan produk-produk yang diinginkan. Dengan store visit, customer dapat menentukan tanggal, hari, jam, dan toko yang diinginkan untuk bertemu dengan pramuniaga sesuai dengan jadwal customer. Hal ini membuat pelayanan terhadap customer semakin berkualitas dan sigap.

“Langkah strategis Hartono dalam membangun digital retail store dan aplikasi My Hartono ini juga didukung dengan marketing campaign yang mengedepankan keunikan Hartono. Dengan harga lebih hemat, barang yang ready, toko yang nyaman, dan brand terpercaya, kami akan menyampaikan keunggulan tersebut di berbagai media dan melalui peran Brand Ambassador Cak Lontong,” ungkap Roy.

Selama masa pembukaan toko, Hartono Pondok Indah Jakarta memberikan beberapa promo dari 6-10 November 2019. Ada layanann 100% gratis biaya pengiriman, di mana customer cukup menginstal aplikasi My Hartono pada smartphone dan melakukan scan barcode yang ada di tiap produk di toko. Maka customer akan langsung mendapatkan produk elektronik yang di scan tersebut. Selain itu, bagi pemegang kartu Hartono Priority Card, customer dapat menikmati promo belanja berhadiah langsung barang elektronik dan promo belanja berhadiah langsung voucher belanja.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)