Trends

Hary Tanoe: Pandemi, Jumlah Pemirsa TV Meningkat Sangat Luar Biasa

Hary Tanoesoedibyo, CEO MNC Group

Founder dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe membeberkan kondisi bisnis media di perusahaannya di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah lini bisnis MNC Group mencatat kenaikan jumlah pengguna, salah satunya pada bisnis televisi.

“Karena begitu banyaknya masyarakat yang tinggal di rumah, terjadi peningkatan sangat luar biasa dari pola menonton televisi,” kata Hary dalam acara Hari Pers Nasional di Jakarta, Senin, 8 Februari 2021.

Perubahan ini tak lepas dari pergeseran tren konsumsi media di masyarakat selama pandemi. Dari catatan Hary tanoe, jumlah penonton televisi naik 12 persen selama pandemi. Sementara, jumlah pembaca online meningkat 40 persen.

Tapi ia tidak merinci berapa besar pangsa MNC sebelum pandemi. Hary hanya menyebutkan bahwa posisi tertinggi dikuasai oleh RCTI sebesar 34,3 persen, lalu MNC TV 9,6 persen, GTV 6,5 persen, dan iNews 1,5 persen.

Selain stasiun televisi, kenaikan juga terjadi pada bisnis media online di bawah MNC Group pada Januari 2021. Hary mencatat total pengunjung bulanan mereka mencapai 73,8 juta pembaca dengan kenaikan 7,7 persen (month-to-month/mtm).

Posisi tertinggi yaitu okezone.com dengan 31,3 juta pembaca bulanan (naik 22,7 persen) dan sindonews.com dengan 27,5 juta pembaca (naik 7,2 persen). Selanjutnya, kata Hary Tanoe, inews.id sebesar 14,8 juta (naik 12,9 persen) dan idxchannel.com dengan jumlah 200 ribu (naik 122,5 persen).

Sumber: Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved