Help Apps Layanani All-in One Rumah Tangga

Founder & CEO Help Apps, Melia Lustojoputro

Padatnya aktivitas sehari-hari membuat masyarakat urban tidak punya waktu untuk sekadar bersih-bersih rumah. Alhasil, mereka seringkali menggunakan jasa orang lain untuk menjalankan pekerjaan rumah tangga seperti menggunakan Asisten Rumah Tangga (ART) ataupun memanggil jasa bersih-bersih online.

Namun, untuk memperoleh jasa layanan rumah tangga online yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan masih menjadi tantangan bagi mereka. Menjawab permasalahan itu, Melia Lustojoputro membuat Help Apps, platform all-in-one yang menghadirkan segala kebutuhan rumah tangga.

Wanita yang juga pemilik label fashion MeliaEmmy ini menambahkan, munculnya ide untuk membuat platform ini pun karena pengalaman pribadi.

“Saya menyadari karena kesibukan akhirnya kegiatan sosial saya berkurang, sehingga saya membutuhkan tenaga pelayanan yang bisa secara temporary, seperti untuk menjaga anak atau pun untuk menjadi sopir,” katanya.

Melia juga memiliki misi untuk membantu tenaga kerja terlatih dan tidak terlatih, sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan kualitas hidup mereka. “Tidak hanya membantu masyarakat urban dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, kami juga membawa misi sosial untuk memberikan kesempatan bekerja tanpa batas dan akses luas bagi mitra kami,” ujar Founder dan CEO Help Apps ini.

Ada tiga jasa utama yang ditawarkan adalah oleh Help. Pertama, layanan in the house seperti membersihkan rumah, membersihkan kandang hewan peliharaan, mencuci dan menyetrika, juru masak, dan tukang kebun. Kedua, layanan around the house yakni sopir, shopper, house helper yang bisa diminta bantuannya, dan pekerja konstruksi untuk memperbaiki bangunan rumah. Ketiga, layanan nursing untuk bayi (0-2 tahun), balita (2-5 tahun), anak-anak (5-12 tahun), lansia dan orang sakit.

Layanan kebutuhan rumah tangga yang dihadirkan ke dalam Help Apps memiliki tarif yang bervariasi. Pengguna bisa mendapatkan layanan rumah tangga mulai dari harga Rp 35.000 hingga Rp 125.000 per jam sesuai dengan layanan yang dipesan.

Menurut Melia, layanannya ini berbeda dengan jasa rumah tangga yang sudah ada. Sebab, pihaknya memiliki fitur tambahan berupa kamera pengawas dan pelacak lokasi agar pengguna dapat memantau secara real-time mitra Help Apps dalam menjalankan tugasnya. Untuk menggunakan fitur tambahan ini penggunakan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 25.000 per layanan.

“Kamera pengawas biasanya digunakan untuk layanan nursing, ketika mitra menjaga anak, menjemput anak ke sekolah sehingga pengguna akan merasa aman untuk menitipkan anak-anaknya pada mitra. Untuk layanan driver kita wajibkan menggunakan GPS dan share location, admin pun akan selalu memantau. Kami juga memperlihatkan identitas dari mitra yang akan membantu di setiap layanan yang dipesan,” tuturnya.

Help Apps juga memiliki fitur Charity Corner, di mana penggunanya dapat memberikan donasi mulai dari Rp 20.000. Donasi ini akan diberikan oleh tim Help Apps kepada orang-orang yang membutuhkan dalam bentuk 2 porsi nasi bungkus. “Ini misi sosial kami ntuk membuat Jakarta ini lebih sehat, mengurangi anak-anak yang kelaparan,” kata Melia saat soft launching Help Apps di Artikel Jakarta, Kamis (11/04/2019).

Saat ini Help Apps telah digunakan oleh lebih dari 292 pengguna dan diperkuat oleh 132 mitra yang tersebar di kawasan Jadetabek. Sebelum menjadi mitra, tenaga kerja akan mendapatkan training dari para ahli di bidangnya sehingga Melia mengaku platformnya ini dapat memberikan layanan yang cepat dengan kualitas terbaik.

Didukung oleh 22 karyawan, ke depannya Help Apps akan menghadirkan layanan panggilan dokter ke rumah serta layanan untuk mengurus dokumen-dokumen pribadi penggunanya. Pihaknya juga berencana untuk memperluas jangkauan layanannya ke daerah Bandung.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)