Hilirisasi adalah Cara agar Indonesia Jadi Negara Maju | SWA.co.id

Hilirisasi adalah Cara agar Indonesia Jadi Negara Maju

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (dok BKPM)

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa hilirisasi merupakan satu cara agar Indonesia menjadi negara maju. Hal ini dikatakan Bahlil dalam acara wisuda Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (23/08/2023).

Bahlil mengatakan ekonomi tidak boleh hanya bertumpu pada konsumsi. Ekonomi harus didorong oleh investasi, utamanya program hilirisasi yang saat ini terus didorong oleh pemerintah.

"Kemudian, bagaimana ke depan arah kebijakan? Kami akan mendorong kepada hilirisasi. Dunia sekarang sudah mendorong kepada green energy dan green industry untuk menurunkan emisi. Indonesia sekarang dorong ke hilirisasi," ujar Bahlil di hadapan 3.150 wisudawan.

Bahlil mengatakan tanpa hilirisasi mustahil ekonomi Indonesia bernilai tambah. Namun dengan hilirisasi nilai tambah industri akan berkali-kali lipat.

"Karena kalau tidak ada hilirisasi, kita hanya mengekspor barang-barang mentah. Nah ini peluang usahanya di sini. Ke depan kita mendorong yang namanya hilirisasi. Total ekspor nikel pada pada tahun 2017 itu hanya US$3,3 miliar, begitu kita larang ekspor pada tahun 2020, dan kita bangun hilirisasi, sekarang nilai ekspor mencapai US$30 miliar. Naiknya 10 kali lipat ketimbang belum melakukan hilirisasi," ujar mantan Ketua Umum HIPMI ini..

Tak hanya keluar dari middle income trap, Indonesia juga optimis menjadi negara maju dengan hilirisasi. Namun ini sulit diwujudkan tanpa ada investasi, baik dari dalam atau luar negeri.

"Untuk Indonesia menjadi negara maju tidak ada cara lain, hilirisasi harus kita bangun. Kami sudah susun Peta Jalan Hilirisasi Investasi Strategis sampai 2040 yang membutuhkan investasi sebesar US$545,3 miliar. Kalau ini tidak kita lakukan, negara kita akan tetap berjalan di tempat," ucap Bahlil.

Bahlil mengatakan, negara-negara maju tak lagi bertumpu pada konsumsi sebagai instrumen pertumbuhan ekonomi. "Negara-negara maju sudah menjadikan investasi (hilirisasi) sebagai instrumen pertumbuhan," papar Bahlil.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)