Hingga 2020 Prudential Targetkan 50 Ribu Perempuan Indonesia Tersentuh Literasi Keuangan

Sepanjang 2009-2019 sudah 35 ribu perempuan sudah tersentuh pendidikan dan pelatihan literasi keuangan oleh Prudential-Kementerian PPPA

Tingkat literasi dan inklusi keuangan perempuan Indonesia masih rendah dibanding laki-laki. Padahal perempuan bisa dibilang merupakan “direktur keuangan” rumah tangga. Untuk itulah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meneruskan komitmennya dalam memberikan edukasi pada perempuan Indonesia agar lebih melek finansial.

Prudential bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (PPPA) mengadakan rangkaian kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan yang kali ini memasuki tahun ke-10.

Setidaknya 35 ribu peremouan di 36 kota di Indonesia sudah berhasil tersentuh program ini sepanjang 2009-2019. Program ini berada di bawah pilar Edukasi dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia, yang menyasar perempuan dari keluarga berpenghasilan menengah ke bawah agar mereka dapat memaksimalkan perannya dalam mengelola keuangan untuk mewujudkan keluarga yang lebih sejahtera.

Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengungkapkan, inisiatif yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan oleh Community Investment Prudential Indonesia berupa program Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan ini bertujuan agar perempuan Indonesia dapat meningkat kemampuannya dalam mengelola dan mewujudkan keuangan keluarga yang sehat.

“Program ini sejalan dengan fokus ‘We Do Good’ Prudential Indonesia untuk mewujudkan kebajikan dan memberdayakan masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan perwujudan salah satu misi utama Prudential Indonesia, yaitu membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia dengan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, kesejahteraan, dan kesehatan yang menyeluruh,” jelasnya di Pressroom Kementerian PPPA.

Untuk menyukseskan jalannya program yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin pertama dalam mengakhiri kemiskinan ini, Prudential Indonesia juga bersinergi dengan berbagai kementerian, salah satunya dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak.

“Kami mendukung Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan oleh Prudential Indonesia yang dapat memberdayakan para perempuan dalam membangun keluarga yang lebih sejahtera,” kata Dr. Pribudiarta Nur Sitepu, MM, Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia.

Menurutnya, perempuan memainkan peranan penting sebagai pengatur keuangan keluarga. Stabilitas ekonomi keluarga dapat goyah jika mereka tidak memiliki kapasitas memadai dalam manajemen keuangan. Program ini juga sejalan dengan program Three Ends, yaitu untuk mengakhiri kesenjangan ekonomi kaum perempuan.

Dukungan bagi para perempuan untuk terus mengasah kecakapan finansialnya juga makin dibutuhkan agar mereka mampu menghadapi berbagai tantangan rumah tangga di era digital. Kemajuan teknologi informasi memudahkan dan memperluas akses keluarga Indonesia dalam memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka, mulai dari kebutuhan primer, sekunder hingga tersier.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)