HIPMI Jak-Tim Dukung Pengembangan Industri Kreatif Jakarta

Jakarta Timur (Jak-Tim) merupakan Kota Administrasi yang memiliki wilayah paling luas dan keunikan baik dari sisi historis maupun obyektif di antara Kota Administrasi lainnya di DKI Jakarta.

Dengan luasnya Kota Administrasi Jak-Tim, maka sangat mungkin untuk dikembangkan, sehingga ke depannya dapat bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia.

Kota Administrasi Jak-Tim memiliki sejumlah kawasan-kawasan potensial atau unggulan untuk dapat dikembangkan. Kawasan unggulan merupakan kawasan yang diperuntukan bagi kegiatan sektor strategis, seperti industri, pariwisata, perdagangan, pertanian, permukiman dan lain-lain.

Sektor strategis merupakan sektor yang menempati prioritas utama karena tingkat peranannya dalam pembangunan. Kawasan strategis kota adalah kawasan yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kota terhadap pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan, serta pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tinggi untuk mengembangkan, dan melestarikan serta mengkoordinasikan pembangunan nilai strategis kawasan yang bersangkutan dalam mendukung penataan ruang wilayah.

Kawasan potensial wilayah ini meliputi Jatinegara, Kawasan Sentra Primer Timur, Kawasan Meubel Klender, Kawasan PIK Pulogadung, Kawasan Cililitan, RPU Rawa Kepiting, Kanal Banjir Timur, Pasar Induk Kramat Jati dan lainnya.

Ketua Umum HIPMI Jakarta Timur, Andre Tirtoadji, di,sela sela acara Rakercab yang diadakan di Hotel Santika TMII Jakarta, mengatakan, dengan melihat potensi-potensi yang dimiliki oleh Jak-Tim, maka banyak yang bisa dikembangkan menjadi produk unggulan.

Bila pemerintah, pengusaha, dan segenap pemangku kepentingan bersatu dalam mengembangkan industri kreatif, niscaya kita akan akan maju dan bisa bersaing di pasar global. Industri kreatif yang merupakan industri anak muda, sekarang telah menjadi tren di kalangan para pengusaha muda, khususnya HIPMI. Oleh karena itu Andre berharap Pemkot Jak-Tim dapat membantu mengembangkan potensi ekonomi kreatif di DKI Jakarta.

Ketua Panitia Pengarah Rakercab BPC HIPMI Jakarta Timur, Faratodi menjelaskan, untuk menjawab permasalahan di atas Rakercab HIPMI Jakarta Timur Masa Bakti 2017-2020, yang mengambil tema “Kolaborasi Pengusaha Muda dan Pemerintah Kota Sebagai Katalisator Ekonomi Kreatif”, pihknya menempuh banyak cara.

Selain akan membahas pola dan program kerja organisasi, juga akan mengundang tokoh dunia usaha, organisasi profesi dan pemerintah sebagai pemegang regulas, serta mendukung program pemerintah kota dalam mengupayakan lahirnya pengusaha-pengusaha yang tangguh dalam menghadapi tantangan global.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Rakercab BPC HIPMI Jakarta Timur, Harizah Persiana Mangkunegara, menerangkan, “Rakercab ini adalah agenda wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap Badan Pengurus Cabang dalam rangka menyusun program kerja tiga tahun kepengurusan.

“Kami berharap pada kesempatan Rakercab ini seluruh anggota HIPMI Jak-Tim dan peserta lainnya menunjukkan partisipasi pemikiran, dukungan, saran dan pandangan dalam menyikapi program kerja ke depan sebagai suatu kesepakatan yang dituangkan dalam Keputusan Rakercab,” ujarnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!