HKTDC Dorong Pelaku Usaha Indonesia Kembangkan Bisnis di 5 Pameran Ini

HKTDC Dorong Pelaku Usaha Indonesia Kembangkan Bisnis di 5 Pameran Ini

Indonesia merupakan pasar ekspor utama ke-24 bagi Hong Kong. (Vina/SWA)

Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk menjajaki peluang bisnis dan memasuki pasar global melalui lima pameran yang akan diselenggarakan pada awal tahun depan di Hong Kong.

Kelima pameran tersebut di antaranya Hong Kong Toys & Games Fair, Hong Kong Baby Products Fair, dan Hong Kong International Stationery & School Supplies Fair yang akan diselenggarakan pada 8-11 Januari 2024. Lalu Hong Kong International Diamond, Gem & Pearl Show pada 27 Februari- 2 Maret dan Hong Kong International Jewellery Show pada 29 Februari - 4 March 2024.

Mandy Ng, Associate Director Business Development Exhibitions and Digital Business HKTDC mengatakan, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-25 bagi Hong Kong. Hingga Oktober 2023, total nilai perdagangan antara kedua negara ini mencapai US$ 3,86 miliar.

"Indonesia merupakan pasar ekspor utama ke-24 bagi Hong Kong dengan total nilai ekspor sebesar USD 1,82 miliar, dan sumber impor terbesar ke-21 dengan nilai impor sebesar US$ 2 miliar," ujar Mandy dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (06/12/2023).

Lebih jauh Mandy menjelaskan, sebagai pameran perdagangan mainan unggulan di Asia, Hong Kong Toys & Games Fair edisi ke-50 menampilkan berbagai macam produk, mulai dari mainan tradisional hingga permainan berteknologi tinggi, dari nama-nama terkenal hingga merek-merek baru.

Pameran ini akan kembali hadir dalam model hybrid Exhibition+, dilengkapi dengan "Link", sebuah platform pencocokan bisnis online yang akan beroperasi pada tanggal 1-18 Januari. Platform ini membuat para pedagang saling terkoneksi.

Jajaran peserta yang kuat dari Asia akan tampil dalam pameran ini, termasuk berbagai paviliun kelompok dari Dataran Tiongkok, Korea, Taiwan, serta peserta pameran dari Indonesia, Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Pameran World of Toys, yang sebagian besar menampilkan pameran dari Eropa juga kembali hadir di pameran ini. Menurut Mandy, kehadiran peserta pameran mainan Asia di pameran ini memberikan jalan yang sangat baik dan ideal bagi mereka yang ingin memperluas jangkauan. "Pameran mainan koleksi telah menjadi bagian penting dalam industri mainan, dengan semakin banyaknya orang dewasa dan kalangan orang tua yang mengoleksi mainan," ucapnya.

Untuk mempromosikan industri kreatif dan mainan bermerek Hong Kong ke seluruh dunia, Hong Kong Brand Toy Association (HKBTA) akan mendirikan area khusus di pameran mainan ini untuk pertama kalinya.

Selain itu, sustainability menjadi pusat perhatian dalam pameran ini. Zona Green Toys yang baru akan menampilkan para peserta pameran yang memiliki komitmen terhadap inovasi ramah lingkungan. Zona produk unggulan lainnya termasuk Brand Name Gallery yang akan menampilkan produk-produk unik dan inovatif dari merek-merek terkenal internasional.

Smart-Tech Toys and Games akan memamerkan beragam mainan dan permainan berbasis teknologi, termasuk yang dioperasikan melalui aplikasi seluler, atau yang dipadukan dengan teknologi VR, AR, dan MR terbaru.

Serangkaian acara juga akan diselenggarakan bagi para pengunjung untuk mengikuti perkembangan industri terbaru dan memperkuat hubungan. Asian Toys & Games Forum yang telah diperbaharui ini menghadirkan pembicara dari penyedia riset pasar internasional terkemuka, yang akan berbagi wawasan berharga mengenai prospek pasar, tren yang sedang berkembang, dan peluang unik untuk industri mainan dan permainan di Asia.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Eko Wibowo Utomo, Sekretaris Jenderal Asosiasi Mainan Indonesia (AMI) menyebut, pameran ini merupakan momentum bagi pelaku industri mainan Indonesia untuk memasarkan produknya ke pasar internasional. "Hong Kong Toys & Games Fair ini marketnya cukup luas, dari Amerika Latin, Afrika, Asia, itu datang semua. Tentu ini menjadi peluang bagaimana industri mainan dalam negeri dapat memasarkan dan menjangkau pasar yang ada," katanya.

Sementara itu, pameran produk bayi Hong Kong akan kembali menghadirkan dua area yang menawarkan berbagai macam produk bayi kepada para pembeli. Area Paviliun Korea yang populer akan memamerkan produk fashion bayi, produk kesehatan dan kamar mandi, produk bersalin. Lalu zona ODM Strollers and Gear yang baru akan menampilkan kereta bayi dan kursi mobil bayi yang dapat disesuaikan.

Berbagai zona bertema disiapkan di pameran ini untuk memenuhi kebutuhan pembelian yang beragam di antaranya pakaian, alas kaki & aksesori, mainan & aktivitas bayi, perlengkapan tempat tidur & perabot, makanan & pembibitan, kesehatan & keselamatan, produk bersalin, perawatan kulit & mandi, serta dunia kereta bayi & perlengkapannya.

Adapun Pameran Alat Tulis & Perlengkapan Sekolah Internasional Hong Kong ke-22 akan diselenggarakan pada 8 hingga 11 Januari 2024 di Hong Kong Convention and Exhibition Centre (HKCEC) bersamaan dengan platform business matching online 'Click2Match' (8 - 18 Januari).

Kategori produk yang diperluas meliputi perlengkapan sekolah, sumber daya pembelajaran, alat tulis, pena & kertas, seni kreatif, dan perlengkapan kantor. Hadir pula kategori alat tulis ramah lingkungan yang menampilkan produk kertas ramah lingkungan inovatif untuk melengkapi ruang kerja modern.

"Tiga pameran yang diselenggarakan bersamaan ini diharapkan dapat menarik lebih dari 2.500 peserta pameran tingkat dunia, yang memamerkan berbagai pilihan mainan pintar, produk bayi berkualitas, dan alat tulis kreatif," kata Mandy.

Selanjutnya pameran HKTDC Hong Kong International Diamond, Gem & Pearl Show dan HKTDC Hong Kong International Jewellery diharapkan akan menarik lebih dari 2.500 peserta pameran, dan 60.000 pembeli dari 130 negara dan regional.

Jewellery Show terdiri dari zona koleksi perhiasan bergengsi kelas atas di Hall of Extraordinary, zona Antique & Vintage Jewellery Galleria yang menampilkan perhiasan bersejarah dan World of Glamour yang memamerkan kerajinan tangan ahli perhiasan Hong Kong.

Di bawah model Hibrida Exhibition+, para peserta pameran ditawarkan promosi HKTDC eMarketplace selama 2 bulan, fungsi Click2Match dan Scan2Match yang semakin memudahkan para peserta pameran untuk menangkap lebih banyak peluang bisnis.

Pameran Berlian, Permata, dan Mutiara mengkhususkan diri pada bahan baku perhiasan, termasuk berlian, batu permata, dan mutiara. Tiga zona khusus meliputi Hall of Fine Diamonds, yang mengumpulkan para pemasok terbaik dunia dengan berlian terbaik dalam ukuran karat besar; Treasures of Nature, zona yang didedikasikan untuk permata berwarna terbaik; dan Treasures of Ocean, yang memamerkan mutiara berkualitas tinggi. Pameran ini menghadirkan program parade perhiasan, seminar, forum pembeli, dan acara jaringan yang menghadirkan informasi pasar yang sedang tren bagi para pelaku industri.

“Kami berharap dapat menyambut lebih banyak pelaku usaha di Indonesia untuk menjajaki peluang bisnis dan memasuki pasar global melalui pameran HKTDC. Kami juga sangat mendorong semua pembeli, distributor dan peritel dari Indonesia untuk datang ke Hong Kong untuk mencari kebutuhan mereka,” tutur Mandy.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)