Hotel Terbaik Dunia Ada di Indonesia Lho

Di ajang World Best Awards yang diselenggarakan oleh Majalah Travel + Leisure, Nihiwatu didaulat menjadi hotel terbaik di dunia dengan skor 98.35 mengalahkan hotel-hotel bertaraf internasional lainnya seperri The Spectator di Charleston, South Carolina dan Huka Lodge di Taupe, New Zealand. Apa yang membuat hotel yang terletak di desa Hobawawi, Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat ini mengalahkan hotel internasional lainnya? Resor seluas 2,7 hektar ini memadukan petualangan dan kemewahan yang dikombinasikan dengan unsur-unsur budaya local sehingga tercipta sebuah lingkungan yang eksotis dan otentik.

hotel

Resor ini memiliki vila 3 kamar berbentuk rumah pohon yang berlokasi di atas tebing dengan pemandangan langsung menghadap Samudera Hindia. Selain itu, terdapat 28 vila dengan total 33 kamar. Yang membuat resor ini istimewa adalah pantai privat seluas 2,8 km yang bias dinikmati oleh para peselancar yang ingin beradu dengan ombak di pantai Sumba Barat yang tersohor. Beragam aktifitas dapat dinikmati tamu Nihiwatu seperti trekking, diving, snorkeling, spa, atau jika ingin bermalas-malasan seharian penuh tamu bisa memesan paket safari spa.

Mengusung tema ecotourism, sebagian besar keuntungan resor ini disumbangkan ke Yayasan Sumba yang dipelopori oleh Claude Graves dan Sean Downs. Selian itu 90% karyawan Nihiwatu merupakn warga local Sumba.

Nihiwatu didirikan oleh Claude Graves dan Sean Downs di tahun 2001, namun di tahun 2012 Chris Burch, mantan suami Tory Burch, membeli resor ini karena ia dan keluarganya jatuh cinta dengan resor ini ketika mereka berlibur di Nihiwatu. Chris pun harus mengeluarkan dana US $ 30 juta untuk renovasi resor ini. Tingkat okupansi Nihiwatu rata-rata 40% pertahunnya. Sebagian besar pengunjung resor ini merupakan wisatawan asing dari Amerika dan Australia.

James McBride, Managing Partner Nihiwatu, mengatakan promosi Nihiwatu memang masih berfokus di pasar mancanegara, hal ini dikarenakan harga untuk menginap di resor ini terbilang mahal. “Kami sudah mulai berpromosi di Indonesia namun karena tariff permalamnya tinggi, wisatawan yang datang kebanyakan dari mancanegara,” jelasnya.

Jika Anda ingin merasakan hotel terbaik di dunia ini, Anda harus merogoh kantong cukup dalam. Harga per malam mulai dari US $650 (Rp 8,5 juta) untuk vila dengan 1 kamar hingga US $ 12.000 (Rp 157 juta) untuk vila dengan 5 kamar. Namun, saat high season yaitu di bulan Juni-Oktober dan Desember-Januari, harganya bisa 2 kali lipat.

Selain Nihiwatu, The St. Regis Bali Resort, Nusa Dua, Bali turut masuk ke dalam peringkat 35 hotel terbaik di dunia dengan skor 96.22. “Jika dilihat dari daftar pemenang, tren pariwisata saat ini menuju ke ecotourism yang melestarikan budaya lokal. Pariwisata Indonesia saat ini sedang tumbuh. Sampai 2019 nanti, direncanakan akan dibangun 120.000 kamar hotel. Diperkirakan investasi yang dibutuhkan sekita US $ 7 miliar. Selain hotel aka nada 15.000 restoran, 1.000 agen travel, 100 taman rekreasi berstandar internasional, 100 operator diving, 100 marina, dan 100 kawasan ekonomi khusus, dan fasilitas pariwisata lainnya,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)