HP Restorasi Ritel dengan Sistem Point of Sale

HP Inc merumuskan kembali industri ritel dengan meluncurkan sistem all- in-all-in-one point-of-sale (POS) yang inovatif dan serbaguna, HP ElitePOS dan HP EliteDisplay.

Peluncuran kedua produk baru HP ini ditujukan untuk memberi pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan bagi pelaku ritel dan pelanggan. HP bekerja sama dengan pelanggan dan mitra di industri ritel dan hospitality, baik yang terkemuka dan sedang berkembang untuk merumuskan kembali bagaimana teknologi dapat mengubah pengalaman belanja bagi pelanggan.

Peluncuran ini juga disebabkan dengan terus berkembangnya e-commerce di Indonesia, ritel modern diperkirakan akan terus mendominasi seiring kian banyaknya kelas menengah di Indonesia yang mencari gerai lifestyle dan hiburan baru yang dapat disediakan oleh fasilitas ritel modern.

Optimisme tentang masa depan sektor ritel Indonesia juga terlihat pada Indeks Pembangunan Ritel Global 2016 (GRDI) yang dipublikasikan oleh perusahaan konsultasi global A.T. Kearney yang menempatkan Indonesia pada posisi kelima dengan total penjualan ritel nasional Mencapai USD324 miliar. Ini merupakan peningkatan signifikan bagi Indonesia dari yang semula berada di peringkat ke-12 dalam survei GRDI 2015 dan menggambarkan bahwa Indonesia masih dianggap sebagai pasar ritel yang potensial. Menurut laporan prospek properti ritel terbaru oleh Colliers International Group, dua belas pusat perbelanjaan akan selesai dibangun pada 2020.

Perubahan ini memaksa pelaku ritel untuk merangkul dinamika pasar baru atau terancam kehilangan pelanggan. Menurut InReality, 69 persen pembelanja mengatakan mereka cenderung membeli di toko secara langsung jika diberi akses ke alat bantu digital mandiri seperti display dan toko interaktif.

Menemukan keseimbangan yang tepat di mana teknologi dapat membantu penjualan dan memperlancar proses merupakan hal utama dalam lingkungan ritel yang baru saat ini. Bukan teknologi dan kompetisi yang menggerakkan ritel, tapi konsumenlah yang mendorong perkembangan ritel dan menuntut perubahan.

“Pergeseran revolusioner yang dihadapi industri ritel dan hospitality mengharuskannya mencari cara baru untuk berinteraksi dengan pelanggan dan merumuskan kembali pengalaman berbelanja di toko, ” ujar Presiden Direktur HP Indonesia, David Tan.

Teknologi harus memberdayakan mitra penjualan dan melibatkan pelanggan sehingga terasa seperti perpanjangan tangan dari suatu brand. Bagian penting dalam menyampaikan nilai kepada pelanggan adalah melalui sistem point-of-sale yang berperan penting dalam memberikan layanan dan kenyamanan yang diinginkan pelanggan saat ini. Layar interaktif dan toko swalayan yang memperlihatkan tampilan produk secara visual juga akan membuat pengalaman berbelanja dan pengalaman pelanggan lebih interaktif dan menyenangkan.

David menambahkan, solusi HP ElitePOS dan HP EliteDisplay yang baru dibangun untuk flesksibilitas dengan desain yang ramping dan menakjubkan yang dapat disesuaikan dengan beberapa lingkungan ritel dan perhotelan, namun tetap menawarkan keamanan, kinerja dan daya tahan jangka panjang yang pelanggan harapkan dari produk HP.

Untuk pelaku bisnis yang menginginkan teknologi untuk melengkapi pengalaman bagi brand mereka, ElitePOS dan aksesorisnya menambah kustomisasi dan fleksibilitas lebih banyak.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)