Trends

HSBC Omni Collect Fasilitasi Pembayaran bagi Nasabah Allianz

HSBC Omni Collect Fasilitasi Pembayaran bagi Nasabah Allianz
Kolaborasi HSBC, Allianz Indonesia dan DOKU Sediakan Solusi Pembayaran bagi Nasabah Asuransi (Foto: Istimewa)

Dengan menggunakan API, HSBC berhasil mengintegrasikan solusi pembayaran HSBC Omni Collect, dengan solusi pembayaran premi asuransi yang memungkinkan Allianz Life Indonesia untuk memperluas kanal koleksi pembayaran hingga meliputi salah satu jaringan mini market terbesar di Indonesia dan meningkatkan efisiensi.

Integrasi solusi pembayaran ini, yang juga menggunakan teknologi dari payment gateway lokal, DOKU, mengotomasi proses koleksi premi Allianz Life Indonesia dan memungkinkan nasabah Allianz Life Indonesia untuk melakukan pembayaran premi asuransi, yang meliputi pembayaran premi pertama, reguler, pengaktifan kembali serta top-up di lebih dari 17.000 outletAlfamart, Alfamidi, Lawson dan Dan+Dan di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Allianz Life Indonesia.

“HSBC berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi yang dapat membantu perusahaan dalam memberikan pengalaman pembayaran yang mudah bagi pelanggan mereka. Sebagai bank internasional pertama yang memberikan solusi koleksi pembayaran ini di Asia, kami tetap berfokus untuk mendukung nasabah untuk mengadopsi solusi pembayaran digital,” ungkap Riko Tasmaya, Managing Director Global Banking PT Bank HSBC Indonesia.

Melalui kolaborasi ini Allianz dapat memberikan opsi yang lebih mudah dan nyaman untuk layanan pembayaran premi bagi nasabah di seluruh Indonesia. “Ini adalah bagian dari streamlining dan digitalisasi proses yang terus menerus Allianz lakukan sehingga nasabah akan memiliki pengalaman yang sangat positif bersama Allianz,” ujar Bianto Surodjo, Direktur Bisnis Allianz Life Indonesia.

HSBC Omni Collect memungkinkan perusahaan untuk melihat secara menyuluruh koleksi pembayaran dari berbagai metode antara lain transfer bank, kartu kredit dan transaksi e-wallet. Solusi ini juga akan mengurangi administrasi manual, meningkatkan working capital bagi pelanggan korporasi, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan mereka.

HSBC Omni Collect saat ini tersedia di sepuluh negara di Asia Pasifik, antara lain Australia, Tiongkok, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dimana masing-masing negara memiliki kemampuan yang berbeda.

Di tahun 2021, lebih dari 3.000 nasabah korporasi HSBC telah menggunakan HSBC Omni Collect untuk menerima lebih dari 17 juta pembayaran melalui e-commerce dan digital, dengan nilai koleksi sebesar USD 1,5 miliar.

Herani Hermawan, Head of Global Liquidity Cash Management PT. Bank HSBC Indonesia, menambahkan kemitraan dengan DOKU akan memperkuat proses koleksi pembayaran digital di Allianz. Jaringan Alfa Group yang melayani lebih dari tiga juta konsumen per hari, memungkinkan Allianz untuk menyesuaikan layanan pembayaran premi dengan pola belanja pelanggan mereka, dan memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam pembayaran premi asuransi. Sebagai perusahaan teknologi pembayaran, DOKU menurut Co-Founder and Chief Operating Officer, Nabilah Alsagoff, memiliki misi untuk selalu memperluas akses bagi konsumen di Indonesia dalam melakukan transaksi pembayaran online.

“Kolaborasi kami dengan HSBC yang memungkinkan pembayaran premi di jaringan Alfa Group di seluruh Indonesia tentunya akan dapat meningkatkan kenyamanan layanan pembayaran bagi pelanggan Allianz di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di pinggiran kota,” tuturnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved