HSBC Sasar Segmen Millennial Lewat Cash Back

Senior Vice President Retail Banking dan Wealth Management HSBC Indonesia, Dewi Tuegeh, mengatakan, generasi millennial menjadi segmentasi menarik dalam pemasaran kartu kredit. Pasalnya, kelompok usia tersebut sedang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di Indonesia.

“Generasi millennial ini belum mapan secara keuangan sehingga mereka memerlukan perencanaan keuangan yang baik,” kata Dewi dalam Peluncuruan HSBC Platinum Cash Back Card, di Hard Rock Cafe, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Dewi menjelaskan riset yang dilakukan oleh HSBC Power of Protection 2016 menunjukkan masyarakat berpenghasilan menengah, dengan penghasilan Rp 36-100 juta per tahun di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan. Sebanyak 44% jumlah masyarakat berpenghasilan menengah masuk ke dalam generasi millennial.

fullsizerender3

Lebih lanjut, Dewi mengatakan, pihaknya melakukan riset terhadap pasar kartu kredit di 4 kota besar di Indonesia. Hasilnya, untuk generasi millennial mereka menginginkan keuntungan dalam bentuk cash back.

Terkait keuntungan cash back paling diminati, hasil survei pengguna kredit paruh I 2016, potongan untuk pembelian melalui toko online masih menjadi incaran utama dari pengguna kartu kredit. Selanjutnya, keperluan untuk potongan melalui toko retail offline, diskon supermarket, diskon tiket pesawat, dan diskon untuk bersantap menyusul di urutan selanjutnya.

Strategi pemberian cash back bagi pengguna kartu kredit HSBC Platinum Cash Back Card menurut Dewi sesuai dengan karakteristik generasi millennial yang ingin mengatur sendiri segala keperluannya.

“Riset yang kami lakukan sejak tahun lalu membuat kami yakin untuk terjun ke segmen premium. HSBC memang dikenal dengan produk premiumnya, tetapi kami mencoba masuk ke segmen ini,” kata Dewi.

Adapun untuk peluncuran produk terbarunya, HSBC Indonesia menargetkan dapat mencapai jumlah yang sama dengan pertumbuhan market Kuartal I 2016 sekitar 11%. Memasuki akhir tahun ini, HSBC menargetkan peningkatan transaksi kartu kredit dengan adanya libur akhir tahun.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)