Hub.id Bantu Jembatani Startup dengan Investor | SWA.co.id

Hub.id Bantu Jembatani Startup dengan Investor

(ki-ka) Damayanti, PIC Hub.id Accelerator, CEO dan Co-founder AMODA, Robin Yovianto, CEO & Co Founder Kecilin.id, Bisma Manda Samsu. (Foto: Anastasia/Swa)

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali menyelenggarakan program Hub.id tahun 2023 untuk mengembangkan dan meningkatkan startup lokal Indonesia melalui akses pendanaan dan kerjasama bisnis melalui jaringan BUMN, korporasi, dan sektor pemerintah.

Selama tiga tahun berjalan, Hub.id memfasilitasi startup lokal Indonesia di sektor yang berbeda-beda. Seperti misalnya pada tahun 2021mengangkat tujuh sektor yakni Agriculture & Aquaculture, Healthcare, Fintech, Logistics, Edutech, Tourism, and Smart City/Gov Solution. Dilanjutkan di tahun 2022 dengan lima sektor yaitu Financial Services, B2B/Enterprise Solution/Govtech, Logistics, SME Enabler, Agriculture & Aquaculture. Serta di tahun 2023 mengangkat lima sektor Startup yaitu Financial Technology, SME Enablers & Logistic, ESG Related, Agritech & Fisheries, dan Healthtech.

“Hal yang baru di tahun ini adalah kami mempertemukan startup dengan universitas dan lembaga riset sehingga mereka bisa membuat inovasi baru dengan universitas yang telah menjadi mitra kami,” kata Damayanti, PIC Hub.id Accelerator. Empat universitas yang dimaksud yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Damayanti menungkapkan di tahun 2021, Hub.id telah membina 43 startup, yang mana tujuh startup berhasil mendapatkan pendanaan. Sementara tahun 2022, terdapat 24 startup dengan delapan startup mendapatkan pendanaan, dan di tahun 2023 terdapat 25 startup yang dibina dan sampai saat ini baru satu startup yang telah mendapatkan pendanaan. Angka ini, kata dia, masih belum final sampai akhir tahun 2023 mendatang.

“Rangkaian program yang akan didapatkan oleh startup mulai dari Business Mentoring, Business Matchmaking, Networking Session, dan Demo Day,” ujarnya. Dari rangkaian program yang berjalan di tahun 2021, HUB.ID Accelerator telah berhasil menjalankan 100 peluang kerjasama bisnis, 30 kerjasama bisnis, dan 2 investasi baru yang didapatkan oleh startup Dagangan, HiPajak, FisLog, MyRobin, Chickin Indonesia, Educourse, dan Lister.

Sedangkan di tahun 2022, Hub.id Accelerator telah berhasil menjalankan 138 Business Matchmaking antara startup dan perusahaan swasta maupun BUMN hingga pendanaan untuk Startup lulusan HUB.ID Accelerator yaitu PasarMkro, Grouu, Eratani, Ayo Kenalin, Looyal, Verihubs, Amoda dan Kecilin.

Robin Yovianto, CEO & Co-founder Amoda menyampaikan berkembangnya startup baru di Indonesia bukan menjadi kompetisi bagi Amoda, justru bisa membuka peluang kolaborasi dan kerja sama lebih banyak. “Bergabungnya Amoda di Hub.id Accelerator tahun 2022 membantu meningkatkan kredibilitas Amoda di mata masyarakat dan investor, karena startup yang terpilih pastinya di kurasi dengan sangat baik," jelasnya.

Amoda sendiri adalah perusahaan teknologi properti dan konstruksi untuk bangunan individu dan bisnis di Indonesia, mulai dari UKM, dan perusahaan. Amoda berhasil mendapatkan pendanaan awal (seed) yang dipimpin oleh East Ventures dan Living Lab Ventures. Sementara itu, Kecilin.id merupakan perusahaan rintisan Software-as-a-Service (SaaS) yang menyediakan teknologi kompresi pada model teknologi modern. Startup ini berhasil memperoleh pendanaan pra-seri A senilai US$4 Juta atau setara Rp60 miliar yang dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia (MCI) dengan investor lainnya yakni Provident Growth, BNI Ventures, dan investor lama yang kembali berpartisipasi yakni Arkana.

Bisma Manda, CEO & Co-founder Kecilin.id mengungkapkan bahwa mental dan networking yang kuat menjadi hal yang krusial untuk startup bisa maju dan berkembang memajukan Indonesia. “Bergabungnya Kecilin.id dalam program Hub.id Accelerator 2022 sangat membantu untuk menggapai mimpi-mimpi Startup yang tinggi dengan support-nya mempertemukan dengan mitra bisnis serta investor," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)