Husqvarna Siap-Siap ke Indonesia

Pasar sepeda motor di Tanah Air, kemungkinan tidak lama lagi bakal kedatangan pendatang baru yang Husqvarna. Motor Sport asal Swedia itu telah meluncurkan dua model yakni, Husqvarna Vitpilen 401 dan Svartvilen 401. Motor yang diproduksi di India tersebut, sudah dipasarkan tahun lalu saat pameran otomotif EICMA di Milan, Italia. Pembuatan motor di India tersebut merupakan kebijakan dari manajemen untuk penetrasi pasar di dunia, salah satunya di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Husqvarna

Husqvarna telah merger dengan KTM, Austria. Dan, Bajaj Auto adalah pemilik KTM dengan menguasai saham 52,01 persen. Untuk itulah, India (bajaj) ditunjuk memproduksi motor ini untuk pasar Asia dan juga sebagai bagian dari strategi global Husqvarna agar menjadi merek mainstream. Sebelumnya, motor ini di buat di pabrik KTM di Mattighofen, Austria tahun ini. Teknologi Vitpilen 401 dan Svartpilen 401 akan ditransfer ke fasilitas pabrik Bajaj di Chakan India pada 2018 mendatang.

Seperti diberitakan Paultan.org, strategi pengembangan pasar ini sudah disepakati baik dari CEO KTM Stefan Pierer dan Managing Director Bajaj Auto, Rajiv Bajaj. Kesepakatan itu, antara lain ialah dengan menambah skala ekonomi merek Husqvarna yang populer di segmen trail enduro dan motocross.

Vitpilen and Svartpilen akan mengusung mesin yang sama yakni 373 cc, satu silinder. Mesin ini juga dipakai untuk KTM Duke/RC 390. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga 43 dk dan torsi puncak 37 Nm. Sedangkan sasis (rangka) juga akan memamkai platform yang sama dengan Duke 390, namun dibalut dengan bodywork berbeda. Vitpilen menganut ”paham” cafe racer, sementara Svartpilen bergaya scrambler.

Bajaj Auto berupaya untuk meningkatkan penjualan penjualan Husqvarna dengan melihat penjualan KTM di India dan Indonesia yang cukup sukses. Pabrik di Chakan sekarang sudah memproduksi 100.000 sepeda motor per tahun. Angka tersebut akan bertambah setelah mulai memproduksi atau merakit Husqvarna.

Husqvarna adalah pabrik motor yang berdiri di Swedia sejak 1903. dimulai di Swedia sejak tahun 1903. Mulai ikut dalam kejuaraan balap motor pada di tahun 19 30-an, dan juga mengikuti balap Grand Prix Motor balap dikelas 350 cc dan 500 cc. Selain itu juga mengikuti kejuaraan dunia motocross pada 1960-an dan 1970-an dan telah memenangkan 14 kali juara dunia.

Pada 1987, divisi sepeda motor Husqvarna dijual ke Produsen motor Cagiva (Italia). Pada 2007 Huaqvarna diakuisisi oleh BMW, yang kemudian dijual ke pabrikan asal Austria, KTM pada 2013.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)