Marketing Trends

HUT ke-7, Ninja Xpress Apresiasi UMKM Lewat Seller Booster

HUT ke-7, Ninja Xpress Apresiasi UMKM Lewat Seller Booster
Ninja Xpress

Memeriahkan hari ulang tahunnya yang ke-7, Ninja Xpress memperkuat dukungan terhadap UMKM. Perusahaan logistik yang identik dengan maskot ninja Ryo tersebut meluncurkan inovasi solusi pemasaran untuk meningkatkan penjualan UMKM. Shipper atau UMKM dapat menikmati program khusus Seller Booster melalui penukaran point rewards.

Program khusus ini diselenggarakan sebagai apresiasi kepada shipper yang telah berkolaborasi selama ini. Hingga sekarang, tercatat lebih dari 9.000 shipper telah menikmati keuntungan dari hadiah poin tersebut.

“Pencapaian ini atas dukungan stakeholder dan partner selama 7 tahun sehingga kami bisa terus mendukung UMKM Indonesia,” ujar Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress dalam Media Luncheon di Jakarta, Jumat (04/11/2022).

Dalam perayaan ulang tahun ini, Ninja Xpress memberikan diskon 50% Ninja Point Rewards untuk shipper yang ingin menukarkan poinnya dengan saldo Facebook/TikTok Ads sehingga membantu pemasaran digital mereka. Selain itu, shipper akan mendapat fasilitas penjualan melalui live selling yang diselenggarakan oleh Ninja Xpress.

Program dukungan social media ads tersebut merupakan bagian dari Ninja Rewards. Sementara live selling merupakan bagian dari Creative Business Solutions. Head of PR Ninja Xpress Ribka Pratiwi menyampaikan, sejak awal berdiri, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan beberapa marketplace yang fokus pada pengembangan UMKM dengan memberikan dukungan logistik.

Di tahun keduanya, perusahaan bermitra dengan Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak untuk memberikan layanan logistik kepada shipper yang berjualan di marketplace tersebut. Untuk memberikan layanan logistik kepada UMKM yang lebih luas, Ninja Xpress berkembang di mana pada 2018 menjangkau 100% wilayah Indonesia dengan layanan pengiriman last-mile dan Cash on Delivery. Kerja sama dengan marketplace pun berlanjut pada 2019 dengan Shopee.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Ninja Xpress tidak hanya memberikan solusi logistik tapi juga pemberdayaan digital UMKM dengan menghadirkan Ninja Academy dan Lokalisme pada 2019. Perusahaan juga memperkuat komitmen untuk selalu siap membantu shipper mengatasi kendala pengiriman dengan fitur komunikasi Ninja Chat.

Baca juga: Upaya Ninja Xpress Bantu UKM Kembangkan Bisnis

Menemukan adanya tantangan yang dihadapi UMKM dalam berjualan, perusahaan memberikan program baru untuk mendukung bisnis shipper dengan meluncurkan semangat ‘Siap Bantu Sampai Tujuan’ pada 2021.

Ninja Xpress berinisiatif membantu UMKM yang mengalami kesulitan dalam permodalan usaha dengan Pinjaman Modal serta memberikan sarana edukasi dan networking melalui Aksilerasi dan Kurasi. Inisiatif lain di antaranya Pinjaman Modal, Creative Business Solutions, Ninja Direct, Ninja Fulfillment, hingga yang terbaru Seller Booster.

“Di 2021 awal, kami melakukan survei ke 400 UMKM dan menemukan bahwa mereka mengalami masalah. Selain terkait masalah keuangan, UMKM mengalami masalah pemasaran. Karena selama pandemi semua orang berjualan online sehingga UMKM ini lebih banyak saingannya. Oleh karena itu, kami meluncurkan semangat ‘Siap Bantu Sampai Tujuan’ untuk membantu UMKM naik kelas,” jelas Ribka.

Memahami kebutuhan shipper, perusahaan melalui inisiatif Creative Business Solutions memfasilitasi UMKM untuk bisa melakukan foto dan video produk secara profesional bersama model dan makeup artist, dukungan iklan offline dan online agar UKM dapat beriklan lebih maksimal di media dan lokasi yang strategis, kolaborasi bersama para influencer/KOL, penyelenggaraan events, layanan manajemen konten media sosial, hingga live selling.

Seluruh shipper yang sudah bergabung dengan Ninja Xpress dapat menikmati fasilitas tersebut. Bahkan kata Ribka, pihaknya akan membantu pembuatan konsep, penulisan naskah dan produksi konten, penyediaan talent, dan studio khusus untuk live selling.

“Awalnya kami hanya fokus mengirimkan paket, kemudian kami menyadari bahwa backbone kami adalah UMKM. Karenanya, di tujuh tahun perjalanan ini, kami serius dengan komitmen untuk selalu membantu teman-teman UMKM. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk UMKM agar mereka bisa melaju terus. Sesuai dengan instruksi Presiden kita, karena kalau UMKM-nya maju, negaranya juga maju,” tutur Ribka.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved