HUT ke-8 Lazada Layani 500 Kota dan Kabupaten di Indonesia

HUT ke-8 Lazada

Tahun ini Lazada memasuki usia ke-8, makin memperkuat komitmennya dalam membangun ekosistem ecommerce mendorong perekonomian Indonesia. Berawal dari operasional di Jakarta, kini Lazada hadir melayani konsumen di 500 kota dan kabupaten di Indonesia.

Sejak memasuki pasar Indonesia pada tahun 2012, Lazada telah mengalami perkembangan pesat, terutama dari sisi logistik, teknologi, dan sumber daya manusia.

Dari sisi logistik, Lazada memiliki 2 anak perusahaan, yaitu LEL (Lazada eLogistics) dan LEX (LEL Express) yang memberikan layanan pengiriman dan logistik terbaik di Asia Tenggara. Marketplace ini memiliki 12 gudang utama dan bekerja sama dengan lebih dari 8.000 kurir dan mitra logistik untuk memastikan barang kebutuhan konsumen sampai tepat waktu.

Sebagai infrastruktur terpenting dalam e-commerce, aspek teknologi Lazada dikembangkan dengan dukungan keahlian dan inovasi Grup Alibaba. Lazada adalah e-commerce pertama yang menggabungkan unsur hiburan dalam aplikasinya melalui konsep Shoppertainment dan melalui teknologi Alibaba, membantu bisnis kecil dan menengah untuk membangun ekosistem yang lebih canggih dari infrastruktur bisnis tradisional.

Selain itu, dari sisi sumber daya manusia, Lazada Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan upaya pemberdayaan. Sumber daya manusia merupakan kunci dari pengembangan e-commerce yang sustainable. Perseroan kerap mengadakan program-program edukasi dan pelatihan bagi para mitra penjual, yaitu melalui Lazada University secara online maupun offline dan komunitas #LazadaClub di 26 kota hingga saat ini.

Dalam masa social distancing saat ini, e-commerce menjadi salah satu platform pilihan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menurut data dari WeAreSocial tahun 2019, pembelian online untuk produk-produk makanan dan kebutuhan rumah tangga mengalami pertumbuhan tertinggi (30%) dibandingkan kategori lain.

“Seiring dengan meluasnya penerapan social distancing, belanja online juga semakin meningkat karena merupakan alternatif utama bagi banyak orang. Selama delapan tahun beroperasi di Indonesia dan Asia Tenggara, kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan ekosistem eCommerce yang selalu bisa diandalkan,” jelas Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia.

“Program #SemuaAdaDiRumah dari Lazada didasarkan bahwa saat ini pusat kegiatan ada di rumah, bersama dengan keluarga. Kebutuhan untuk beraktivitas secara normal seperti bekerja, bersosialisasi, menikmati hiburan, dapat dilakukan dari rumah, tak terkecuali berbelanja,” kata Monika.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)