Ibu Jadi Kekuatan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi

Hasil survei pada Mei 2022 yang diadakan oleh MoM Academy terhadap 681 moms di Indonesia, terlihat sekali besarnya peran Mom pada ketahanan keluarga sehingga banyak keluarga di Indonesia bisa melewati masa pandemi dengan baik.

Menurut survei tahun 2021, presentase Mom yang harus bekerja atau berbisnis untuk mendukung keuangan keluarga terbilang cukup tinggi hingga mencapai 30% karena berbagai alasan salah satunya adalah suami yang kehilangan pekerjaan atau mata pencariannya.

Tahun ini hasil survei menunjukan hanya 8.7% istri yang masih berperan menjadi kepala rumah tangga, dan 89.7% persen pencari nafkah utama adalah suami. Kendati demikian, Mom masih tetap melanjutkan usaha yang sudah dirintis sebelumnya karena beragam alasan, dari mulaihobi dan eksistensi diri sampai mendukung keuangan keluarga.

Hal ini disampaikan CEO Mothers on Mission dan MoM Academy Widya Safitri pada acara MomFest kelima dengan tema #CelebratingMoM5. MomFest menjadi bagian kegiatan perayaan ulang tahun Mothers on Mission yang ke 5 sekaligus perayaan bagi para moms di seluruh Indonesia yang telah berhasil melewati kerasnya masa pandemi dan justru makin berkembang bersama terutamadengan tergabungnya mereka dalam komunitas.

“Tahun ini adalah tahun yang penuh optimisme terutama bagi para moms di seluruh Indonesia. Hasil survei MoM Academy mempertegas hal tersebut, di mana lebih dari 50% responden mengakui bahwa situasi ekonomi mereka perlahan mulai membaik dan bahkan sejak pandemi mereka berhasil membangun kebiasaan positif baru yaitu berani berbisnis dan mempelajari keterampilanyang terkait dengan dunia bisnis dan digital,” terang Widya.

Di tahun ini pula Moms sudah mulai memiliki dana cadangan dan berani berinvestasi. Pun dalam hal pembelanjaananggaran keluarga, Moms sudah mulai menyelipkanperawatan tubuh dan kecantikan diri.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)