ICX & ISTC 2023, Penghargaan untuk Garda Depan Penjualan dan Pemasaran | SWA.co.id

ICX & ISTC 2023, Penghargaan untuk Garda Depan Penjualan dan Pemasaran

Di era yang penuh tantangan, keterbatasan, dan ketidakpastian, tim penjualan yang tangguh dan pemasar yang ulung sangat diperlukan perannya. Mereka menjadi ujung tombak perusahaan dalam menjaga kinerja bisnis sekaligus kualitas pengalaman pelanggan. Melihat peran penting tenaga penjual dan pemasar tersebut, SWA dan Business Digest memberikan apresiasi berupa penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2023 dan Indonesia Sales Team Champions 2023.

Indonesia Customer Experience Champions 2023 diberikan kepada tim atau perusahaan yang berhasil menciptakan pengalaman pelanggan yang positif dan mengesankan. Sedangkan Indonesia Sales Team Champions 2023 diberikan kepada tim atau perusahaan yang berhasil mencetak prestasi penjualan berkat pengelolaan tim sales secara profesional, efektif dan efisien.

Acara penghargaan ini dibuka dengan seminar yang bertajuk 'Winning Customer Hearts & Wallets: Unlocking Valuable Insight from the Champions' yang diselenggarakan secara daring. Hadir sebagai pembicara Steven, Head of Commercial Strategy PT HM Sampoerna Tbk., Dwi Lesmana, GM Sales & Distribution PT Fastrata Buana (Kapal Api Group) dan Charles Wonsono, Strategy and Business Effectiveness Senior General Manager of Siloam Hospitals Group.

Dalam sambutannya Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Media group menjelaskan dua program penghargaan ini adalah kurasi untuk mencari best practices di dunia penjualan dan pemasaran. Para pemenang penghargaan ini telah melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat dari dewan juri yang terdiri para CEO, akademisi, praktisi dan pakar bisnis senior di bidang sales dan marketing. "Salah satu kunci dalam pemasaran produk dan jasa tak bisa dipungkiri adalah tim yang tangguh dalam sales dan pemasaran khususnya customer experience team, oleh karena itu kami dari Business Digest dan SWA menyelenggarakan program gabungan ini,” jelas Kemal.

Dalam sesi sharing-nya Steven, Head of Commercial Strategy PT HM Sampoerna Tbk menjelaskan ada tiga strategi utama yang dijalankan untuk memenangkan hati customer. Dalam hal ini para retailernya guna meningkatkan penjualan. Strategi tersebut yaitu dengan memanfaatkan teknologi AI untuk membangun aplikasi yang mendukung kebutuhan bisnis retailer. Kedua, membangun Sampoerna Ritel Community, dan ketiga, terus berinovasi membangun SDM internal. “Bagi kami sangat penting untuk selalu ada dimana retailer membutuhkan, karena mereka adalah garda depan dari bisnis ini,” ujar Steven.

Dalam kesempatan yang sama, Dwi Lesmana, GM Sales & Distribution PT Fastrata Buana (Kapal Api Group), juga mengungkapkan strateginya memenangkan hati pelanggan yang juga adalah ritelernya. “Hal pertama yang dilakukan Fastrata Buana adalah berusaha mengenal kostumer (retailer) secara dalam, memahami kebutuhan atau masalah yang dihadapi kemudian memberikan solusi, salah satunya dengan menyediakan aplikasi Fastmart untuk para mitra toko guna mengatur supply dan stok produknya," tuturnya.

Siloam Hospital Group juga memiliki strategi yang komprehensif untuk membangun pengalaman aman dan nyaman bagi pelanggannya. Hal itu disampaikan oleh Charles Wonsono, Strategy and Business Effectiveness Senior General Manager of Siloam Hospital Group. Tiga strategi utamanya yaitu, mendengar dan mempelajari patient voice melalui teknologi yang mereka bangun yaitu SOFAST: Siloam Online Feedback Agrigator System. Kedua, melakukan transformasi digital untuk internal perusahaan. Ketiga, mendigitalisasi seluruh costumer journey dan membangun budaya SIAP: Sigap, Informatif, Apresiasi dan Peduli.

Adapun para penerima award Indonesia Customer Experience 2023 di antaranya adalah PT HM Sampoerna Tbk., Urban Republic dari Erajaya Active Lifestyle, PT. Integritas Berkah Berlimpah Ruah (FDC Dental Clinic), PT Bank Permata Tbk, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Siloam Hospitals Group, BPJS Ketenagakerjaan, PT Bank Central Asia Tbk, PT Great Eastern Life Indonesia, Lion Parcel, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, blu by BCA Digital.

Sementara untuk penerima award Indonesia Sales Team Champion 2023 di antaranya adalah PT HM Sampoerna Tbk., PT. Fastrata Buana, PT Tumbakmas Niagasakti, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), PT Polytama Propindo, PT Paramount Enterprise International (Paramount Land), PT Great Eastern Life Indonesia, Lion Parcel, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT. Tigaraksa Satria, Tbk, dan blu by BCA Digital.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)