ID Creative Week Dukung Industri Kreatif Tanah Air

Industri kreatif yang memamerkan karyanya melalui Jakarta Fashion Week, Brightspot, dan IdeaFest mampu merengkuh prestasi tersendiri. Melalui ketiga ajang ini, mereka bersinergi menciptakan wadah yang menaungi insan kreatif Indonesia secara lebih komprehensif.

Menggabungkan kekuatan ketiganya akan memberikan sorotan yang lebih kuat dan terwujudlah ID Creative Week. Melalui ID Creative Week, industri kreatif akan lebih besar ekposur promosi yang dilakukan. Menurut  Chairwoman Jakarta Fashion Week, Svida Alisjahbana, ketiganya memiliki segmen yang saling bersinggungan, tidak hanya dari segi pengunjung, tapi juga pengisi acaranya sendiri.

Melalui kemasan dan agenda yang berbeda menciptakan sebuah ekosistem yang saling berkesinambungan. “Dari situ kami menemukan pemikiran yang sama, untuk semakin mempromosikan industri kreatif, maka kami bahu membahu untuk menciptakan dampak yang lebih besar. Dari pemikiran kolaboratif itulah, ID Creative Week lahir,” ungkap Svida.

Jakarta Fashion Week sendiri merupakan sebuah pekan mode yang sudah memiliki gaung tersendiri di Asia Tenggara. Digagas oleh grup media Grup Femina, pekan mode ini menampilkan sikap netral dan jaringan nasional serta internasional yang kuat. Sejak meluncurkan program Indonesia Fashion Forward di tahun 2012, ajang ini semakin mantap menyalurkan bakat-bakat nasional ke panggung global, dan menyediakan inspirasi dari desainer internasional untuk skena mode nusantara.

Seperti Brightspot yang juga merupakan sebuah event platform jual-beli yang menghadirkan lebih dari 150 tenant yang terkurasi dari ratusan pendaftar dan menarik lebih dari 60,000 pengunjung dalam empat hari pelaksanaannya. Brightspot terbukti dapat mengedepankan karya enterpreneur muda, bisnis start up brand lokal di bidang fesyen, F&B, dan gaya hidup.

Dengan spirit yang sama, ID Creative Week adalah langkah nyata untuk mendukung bisnis industri kreatif di Indonesia. Brightspot tahun ini ‘Imaginarium’ dengan imajinasi kita bisa berkreasi, dan kreatifitas adalah sebuah komoditi berharga dan unik. “Kita juga percaya bahwa berkolaborasi selalu membawa hasil yg lebih. Nilai-nilai ini juga melekat di Jakarta Fashion Week dan IdeaFest. Dengan ID Creative Week, saya berharap berita mengenai kreatifitas dari Indonesia bisa bergaung di seluruh dunia,” ujar Anton Wirjono, Pendiri Brightspot.

IdeaFest, sesuai dengan tajuk ajangnya, menyediakan platform untuk pertukaran ide. Berbagai kelas, seminar, dan diskusi menarik terkait industri kreatif dan perkembangan teknologi yang terkait hadir di IdeaFest. Co-Founder IdeaFest, Ben Subiakto, mengakui bahwa ada banyak harapan yang dititipkan pada kerjasama ini. “Melalui kolaborasi, tentunya ini menjadi ajang terbesar bagi industri kreatif, dan kami terbuka untuk siapa pun yang ingin turut memajukan kreativitas bangsa,” ujarnya.

ID Creative Week tahun ini akan dimulai dengan Jakarta Fashion Week yang dibuka tanggal 20 Oktober 2018, disusul dengan Brightspot di tanggal 25 Oktober 2018, dan IdeaFest di tanggal 26 Oktober 2018. Acara yini akan digelar di lokasi acara yang berdekatan, Jakarta Fashion Week di Senayan City, Brightspot di Pacific Place, dan IdeaFest di Jakarta Convention Center. Acara yang saling bersinggungan ini didukung dengan lokasi acara yang terbilang dekat, Jakarta Fashion Week di Senayan City, Brightspot di Pacific Place, dan IdeaFest di Jakarta Convention Center.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)