IdeaFest 2021, Festival Kreatif Secara Hybrid

Konferensi Pers IdeaFest 2021 (Foto: Samara Live)

Sepuluh tahun hadir sebagai festival kreatif terbesar di Indonesia, IdeaFest  2021  yang diselenggarakan oleh Samara Live  menghadirkan pengalaman festival kreatif yang benar-benar baru secara hybrid, 26-28 Nopember 2021. Memperkenalkan sebuah virtual arena terbaru dan platform metaverse berteknologi tinggi Jagat.Live, platform yang dirancang untuk menggambarkan konsep interaksi virtual yang interaktif dan imersif.

Tidak hanya itu, berbagai sesi inspiratif IdeaFest juga dapat disaksikan secara langsung di M Bloc Space. Melalui kolaborasi ini, IdeaFest ingin mengapresiasi kehadiran M Bloc Space yang terus berkarya di tengah berbagai batasan yang ada, mendukung produk-produk lokal, dan menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi.

Ben Soebiakto, Co-Founder IdeaFest, menjelaskan, situasi saat ini membawa masyarakat ke dalam banyak perubahan kehidupan yang tak terduga tetapi menyerah bukanlah jalan dalam menghadapi perubahan serta tantangan yang ada. "Tahun ini adalah waktu untuk kita menemukan potensi dan faktor X yang ada dalam diri kita agar bisa bertahan, menghasilkan karya yang inovatif, dan membangkitkan semangat pantang menyerah untuk menggapai impian," tuturnya. 

Dalam panggung IdeaFest 2021, Ben menggandeng lebih banyak komunitas dan tokoh inspiratif yang bertujuan memberikan dampak yang lebih besar lagi agar masyarakat dapat terus terinspirasi untuk berusaha, bergerak maju, dan tentunya menjadi tangguh dalam menghadapi situasi apapun di masa depan. "Kami harap semangat bangkit yang kami bawa tahun ini dapat direpresentasikan melalui sederet pembicara lintas industri baik dari dalam dan luar negeri," tambah Ben. 

Lewat program idea talks, conference, music, dan Xchievement Night, IdeaFest 2021

menampilkan lebih dari 140 tokoh inspiratif dan 60 sesi edukatif dengan topik yang relevan dengan perkembangan industri kreatif saat ini dari dalam dan luar negeri antara lain Tablo (Rapper, Producer, Songwriter, and Author), Stefan Sagmeister (Designer), Kevin Kwan (Author of Crazy Rich Asians), Daito Manabe (Artist, Composer, Programmer, Designer, DJ, VJ, and Rhizomatiks founding member), Yvett Merino (Producer of Disney’s “Encanto”), Byron Howard (Director of Disney’s “Encanto”), Raffi Ahmad (Founder & Chairman RANS Entertainment),  Ridwan Kamil (Gubernur Jawab Barat), Reza Servia (Producer, Managing Director Starvision Plus), Ahmad Izham Omar (Executive Director, Content and Creative, Disney+, The Walt Disney Company Southeast Asia), dan beberapa nama besar lainnya.

IdeaFest juga menghadirkan deretan figur inspiratif lainnya seperti Brian McGinn, Cecilia Soojeong Yi, Calvin Chua, Chand Parwez Servia, Dian Sastrowardoyo, Voice of Baceprot, Dee Lestari, Jerome Kurnia, Arawinda Kirana, Wregas Bhanuteja, Aaron Seeto, Afutami, Max Mandias, Luluk HF, Marsela Limesa, Sal Priadi, Sulaiman Said, Wening Hung, Marchella FP, Bapak2ID, Weining Hung, Zico Halim, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, IdeaFest 2021 juga mempersembahkan program musik dengan menampilkan sederet musisi tanah air yaitu, Kunto Aji, Lomba Sihir, Basboi & Les Musik ft. Kamga, A. Nayaka, Kay Oscar, serta menghadirkan special performances dari 9 musisi yang berhasil terpilih dari program IdeaFest Music Camp.

Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengatakan sangat mengapresiasi gelaran IdeaFest tahun ini dalam menunjukkan semangat serta komitmennya untuk memberikan ruang bagi seluruh pelaku industri kreatif berkolaborasi. "Di situasi pasca pandemi ini, masyarakat perlu sudut pandang baru dalam melihat situasi ini untuk menciptakan kembali semangat bangkit masyarakat dalam membangun ekosistem industri kreatif yang lebih baik. Dengan begitu, harapannya masyarakat dapat mampu bersaing, menciptakan inovasi, dan membangkitkan kembali potensi ekonomi kreatif Indonesia.”

Bersinergi dengan berbagai pelaku industri, IdeaFest turut dimeriahkan oleh presenting partner yaitu Pro Warriors yang membawa semangat pantang menyerah bagi generasi muda. “Pro Warriors ingin menjadi bagian dari terbentuknya generasi Indonesia yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan di masa depan. Dengan semangat Never Quit dan tema IdeaFest “The Future of X” yang memiliki makna yang sama, diharapkan dapat membangun generasi yang tangguh di Indonesia," tutur Pongky Putranto, Deputy Marketing Activation PT Gudang Garam Tbk Industri kreatif yang semakin bertumbuh juga tidak lepas dari segala tantangan yang ada seperti situasi saat ini yang tidak pasti dan persaingan yang semakin ketat antar pelaku usaha.

Untuk merespon hal itu, Pro Warriors bersama IdeaFest tidak hanya ingin memberikan wadah pertukaran wawasan dan gagasan kreatif, namun juga lebih dari itu, kami ingin menyemangati generasi muda agar terus semangat dan tidak patah arang dengan apapun yang akan dihadapi. Dengan semangat Never Quit dan tema IdeaFest “The Future of X” yang memiliki makna yang sama, diharapkan dapat membangun generasi yang tangguh di Indonesia.”

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)