IFC Dukung Aqua Expeditions Gali Potensi Wisata di Indonesia

Azam Khan, Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste

Anggota Kelompok Bank Dunia, IFC mendukung Aqua Expwditions Pte.. Ltd. ekpansi bisnis dengan memberikan pinjaman. Pinjaman ini difokuskan untuk mendorong potensi tujuan wisata Indonesia. 

Sebesar US$10 juta pinjaman ini diberikan kepada operator pelayaran tersebut. Untuk diketahui IFC merupakan lembaga pembangunan global terbesar yang berfokus pada sektor swasta di pasar negara berkembang. 

“Kami bekerja dengan lebih dari 2.000 institusi bisnis di seluruh dunia, menggunakan modal, keahlian, dan pengaruh untuk menciptakan pasar dan peluang di area tersulit di dunia. Pada tahun fiskal  2018, kami menyalurkan lebih dari US$ 23 miliar dalam bentuk pembiayaan jangka panjang untuk negara-negara berkembang, memanfaatkan kekuatan sektor swasta untuk mengakhiri kemiskinan ekstrim dan meningkatkan kesejahteraan bersama,” jelas Azam Khan, Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste saat buka bersama media (21/05/2019).

Sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk mempercepat pengembangan industri pariwisata secara berkelanjutan, pinjaman IFC ini akan memberikan dukungan bagi Aqua Expeditions berupa kapasitas tambahan untuk mengoperasikan kapal pesiar skala kecil dengan dampak ekologis rendah ke tujuan wisata daerah terluar di negara ini. 

Aqua Expeditions merupakan perusahaan global yang memberikan layanan kapal pesiar butik, mengeksplorasi tujuan wisata dunia yang paling kaya akan margasatwa dan budaya di seluruh Amerika Selatan dan Asia dengan kapal-kapal berdesain kontemporer. 

Di atas kapalnya, Aqua Expeditions menawarkan rencana perjalanan yang bisa disesuaikan, dengan rasio kru terhadap tamu yang rendah serta layanan yang dipersonalisasi, juga masakan gourmet, kegiatan dan wisata petualangan yang dipandu para ahli

Tujuan utama wisata yang menjadi sasaran ekspansi bisnis Aqua Expeditions adalah perjalanan menuju Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo dan Maumere (Flores), Kepulauan Maluku (Ambon), dan Raja Ampat (Sorong). Penawaran wisata unik Aqua Expeditions di tujuan daerah terluar ini mendukung inisiatif pemerintah Indonesia dalam mengembangkan tujuan pariwisata prioritas di kepulauan Indonesia secara berkelanjutan. 

“Bagian dari nilai-nilai yang dianut oleh Aqua Expeditions adalah komitmen untuk menjaga keberlanjutan daerah tempat kami beroperasi,” kata Francesco Galli Zugaro, Direktur Utama dan Pendiri Aqua Expeditions. 

Lebih jauh Franc menjelaskan, dengan pinjaman ini memungkinkan ada ekspansi ke kapal pesiar pantai di Kepulauan Indonesia dan kapal penumpang baru, “Aqua Blu, yang kami lakukan, kami dapat membantu mengembangkan pariwisata yang bertanggung jawab di tujuan-tujuan wisata penting ini. Kami merasa terhormat mendapat dukungan IFC dan bekerja sama dengan pemerintah dan otoritas lokal Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Franc, kegiatan operasional Aqua Expeditions akan menyertakan komunitas lokal dalam hal penyediaan sumber lokal, mendukung bisnis lokal, dan memastikan keterlibatan masyarakat. Lebih lanjut, dukungan IFC ini akan membantu perusahaan dalam menciptakan pasar, berkontribusi pada penciptaan lapangan pekerjaan baru dan menempatkan tujuan wisata daerah terluar Indonesia di peta global. 

“Sektor pariwisata menawarkan ruang yang luas untuk pertumbuhan Indonesia di masa depan. Dengan mendukung Aqua Expeditions, IFC bertujuan untuk menciptakan sub-sektor pariwisata baru, mengkatalisasi investasi lanjutan oleh operator pariwisata lainnya,” imbuh Azam. 

Ia berpendapat, perjalanan ke tujuan-tujuan ini, jika dikelola secara tepat, akan membuka peluang dan bermanfaat bagi masyarakat dan bisnis lokal, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah sekitar. Pada gilirannya, hal tersebut akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)