IFEX 2017 Ajang Promosi Produk Lokal ke Mancanegara | SWA.co.id

IFEX 2017 Ajang Promosi Produk Lokal ke Mancanegara

 

 

Djawa Management merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan furniture berbasis crafting. Ini merupakan kali ke empat Djawa Management mengikuti event tahunan yang diselengarakan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIKMI).  IFEX menjadi ajang pengenalan produk serta memperluas target pasar mereka. Hal ini diakui Hernandia Sinaga, Marketing Djawa Management, yang ditemui di sela-sela pameran  IFEX yang diselenggarakan di  Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. “Sebenarnya kami menjadikan IFEX ini sebagai pembuka untuk target pasar baru seperti China, Arab, dan India juga untuk mengenalkan produk baru kami,” ujarnya.

Peningkatan penjualan mereka pada ajang IFEX 2017 naik dari tahun penyelenggaran tahun lalu sebanyak 25% atau senilai total Rp. 700 juta. Pembeli dari Asia mulai mendominasi pada ajang yang digelar setiap tahun ini. “Kebanyakan mereka dari India, China, Arab, dan Eropa,” tambahnya. Penjualan dirasakan cukup meningkat selama gelaran berlangsung, kenaikan penjualan meningkat 20-30% di banding dengan hari-hari biasa.

Persaingan dengan negera-negara machinery masih menjadi tantangan terbesar industri crafting, di mana mereka harus menghadapi persaingan harga yang cukup ketat. “Biasanya kami mengakalinya dari sisi  design.  Kami membuat design yang tidak mudah untuk ditiru,” tutur Henandia.  Djawa Management berencana untuk lebih menggenjot penjualan melalui pasar online untuk tahun 2017 dan melakukan berbagai modifikasi produk mereka dengan lebih banyak menggunakan material fabric dan kulit.

Lain halnya dengan Jc’s Pottery, usaha yang bergerak di bidang keramik ini mengaharapkan peran Pemerintah dalam membantu para pebisnis Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengenalkan produk mereka di kancah internasional melalui berbagai pameran. Richard Ciptawijaya, Design Director Jc’s Pottery, mengungkapkan, “Jika kita berbicara ekspor mau tidak mau harus banyak di lakukan pameran. IFEX dalam hal ini sangat membantu kami dalam mengenalkan produk kami di kancah internasional. Tetapi, untuk exposure yang lebih luas mau tidak mau harus melakukan pameran di luar negeri. Kami berharap pemerintah bisa membantu hal ini.”

Richard menambahkan, dalam gelaran kali ini, Jc’s Pottery mengalami kenaikan penjualan sebesar 20-30% dibanding pada hari-hari biasa dan kebanyakan pembeli beasal dari Inggris, Scotland dan Afrika Selatan.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
GIB Land Konsisten Membangun Properti dan Masyarakat

GIB Land konsisten menghadirkan properti dengan orientasi membangun masyarakat (we build society). Selain proyek properti Urban Heights Residences (UHR) yang...

Close