IG LIVE - SWA Business Leader Talk: Trakindo Menjawab Tantangan Bisnis Alat Berat di Tengah Pandemi

IG Live SWA kali ini bicara tentang bisnis alat berat bersama Trakindo

Di sektor-sektor bisnis tertentu, keberadaan alat berat sangat vital untuk menunjang kesuksesan operasional bisnis. Termasuk di dalamnya pada industri konstruksi, pertanian (agriculture) dan kehutanan. Keberadaan alat berat yang berkualitas dan bisa diandalkan, sangat penting untuk menyelesaikan proyek-proyek. 

Di bidang alat berat ini, salah satu perusahaan yang aktif berbisnis sebagai penyedia berbagai jenis alat berat ialah PT Trakindo Utama yang merupakan distributor tunggal merek Caterpillar di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan banyak produk dan solusi terkait kebutuhan alat berat.

Pada Jumat sore jam 16.00 WIB, tanggal 4 September 2020, Live Instagram SWA mewawancarai salah satu eksekutif dari Trakindo, Rozy Andrianto, Division Head Construction Industry Marketing PT Trakindo Utama, tentang perkembangan dan solusi produk yang ditawarkan Trakindo untuk sektor konstruksi, pertanian dan kehutanan. Juga akan berdikusi bagaimana Trakindo menjawab tantangan bisnis dan pelayanan di tengah masa pandemi ini. Berikut petikan wawancara tersebut:

Bisakah dijelaskan apa saja layanan yang ada di Trakindo Utama? Industri apa saja yang dilayani Trakindo?

Trakindo sebagai penyedia solusi penyedia alat berat, kami adalah dealer Caterpillar di Indonesia, kami memberikan layanan mesin, lift truk untuk mengangkat barang di gudang, layanan engine, dan solusi pelayanan perbaikan serta perawatan alat-alat yang kami jual. Dengan semua alat-alat dan layanan yang kami tawarkan ini, kami berharap pelanggan bisa fokus pada bisnisnya menjalankan proses produksinya.

Kami melayani semua industri mulai dari kehutanan, konstruksi, agrikultur, dan pertambangan tapi industri ini ditangani partner saya di divisi berbeda.

Keunggulan apa saja yang ditawarkan Trakindo dalam memberikan layanan terbaik pada kliennya?

Alat berat yang dipakai di konstruksi cukup banyak, kami menyediakan lini produk yang lengkap sehingga dapat memaksimalkan kerja mereka. Mulai dari ekskavator, dozer, wheel loader, puving product, kami komplit untuk produk membuatan jalan ini, mulai dari pemadatan tanah, penggelaran aspal hingga penghalusan aspal. Kami produk dan layanannya. Kami menyiapkan sesuai yang dibutuhkan klien kami. Biasanya produk yang populer itu ekskavator yang 20 ton, yang banyak digunakan Caterpillar 320 dan Caterpillar 320 GC, penggunaannya sesuai kebutuhan pelanggan tergantung tingkat produktivitas yang ingin dicapai. Caterpillar 320 ini merupakan mesin pintar, kami juga memberikan full garansi dan klien bisa mendapatkan layanan yang lebih efisien, dengan konsumsi bahan bakan yang lebih rendah. Lebih dari patokan penggunaan bahan bakarnya, kami ganti selisihnya.

Bagaimana kami bisa mendapatkan layanan Trakindo apakah mudah?

Cabang kami banyak ada 60 cabang di seluruh Indonesia. Kami juga didukung website yang mudah diakses, ada di Instagram dan Facebook, LinkedIn serta call center pun kami sediakan. Salesman kami pun siap sedia melayani, tinggal call, akan kami datangi untuk melihat kebutuhan pelanggan.

Bagaimana Trakindo mengetahui bahwa pelayanan dan produk yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan?

Investasi alat berat ini bukan hal main-main, karena ini bukan barang konsumtif, ini merupakan modal kerja dan untuk alat produksi. Kami untuk itu ingin membantu klien, bagaimana produk yang digunakan tepat, baik itu model, kapasitasnya, dan jumlahnya sudah tepat. Kami akan mendiskusikan dengan klien secara intens apa saja kebutuhannya, termasuk bagaimana membebaskan jalan, kami akan memberikan saran alat yang dbutuhkan yang tepat. Kami juga memberikan solusi terintegrasi, termasuk alternatif pembiayaannya, apakah beli baru atau bekas, karena kami juga memiliki divisi barang bekas. Kalau periode pekerjaannya tidak lama, bisa juga dengan rental, kami juga ada divisi khusus melayani ini. Dalam hal pembiayaan, kami punya anak usaha pembiayaan Chandra Sakti Utama Leasing serta bisa juga dengan CAT Finance Indonesia.

Dalam mendapatkan pembiayaan, prosedurnya adalah biasanya mengajukan pembelian atau penyewaan alat berat karena sudah ada kontrak pekerjaan. Jadi semua bahan persyaratan kami rasa biasanya memang mereka sudah siap, kami tinggal membantu prosesnya. Kami lalu diskusikan pekerjaannya seperti apa.

Dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya, Trakindo tidak salah Trakindo mengusung filosofi Advancing You Forward. Bisa dijelaskan tentang ini?

Bahasa sederhananya Semangat Memajukan. You di sini, kami fokus pada pelanggan kami. Namun  dalam hal lain You juga menyangkut stakeholeder seperti karyawan, lingkungan dan pemerintah. Tapi saya ingin lebih fokus ke pelanggan. Fisolofi ini kami wujudkan dengan layanan yang pertama pro aktif, sebelum diminta kami sudah berikan. Kedua, konsultatif dengan memberikan jasa konsultasi dengan memahami kebutuhan dan menjawab tantangan pelanggan. Kami ingin membuat pelanggan lebih maju lagi dari segi bisnis, karena kami percaya kalau klien maju, Trakindo akan lebih maju lagi.

Selama pandemi, banyak bisnis terimbas, apa langkah Trakindo?

Pandemi sejak Maret, kami turut prihatin, pelanggan cukup terganggu aktivitasnya. Apa yang kami lakukan adalah dengan memberikan perhatian lebih pada kanal digital,  sehingga lebih mudahkan klien kalau tidak bisa face to face dengan pelanggan atau calon pelanggan. Menggunakan kanal Instagram seperti Live IG dengan SWA ini, serta  kami juga menyediakan e-commerce khusus yaitu parts.cat.com. Ini platform transaksi pembelian suku cadang CAT. Kami pun punya official store di Tokopedia, kami menyediakan oli yang bahkan banyak dibeli konsumen pengguna sepeda motor, mereka menganggap oli CAT bagus.

Kami juga menyediakan call center yang tidak ada libur, serta bagi yang membutuhkan perbaikan ada Command Center, walau tidak datang ke lokasi teknisinya, kami bisa arahkan perbaikan awal. Ini untuk menghambat penyebaran COVID-19, dengan memberikan layanan perbaikan melalui telepon dengan panduan yang jelas. Kami pun menyediakan aplikasi khusus Trakindo Customer App. Aplikasi ini menyediakan status transaksi pelanggan, kalau mereka membeli suku cadang alat berat, apakah sudah ada, kapan datang dan bisa didapat kapan. Pemintaan teknisi pun bisa melalui aplikasi ini, tidak perlu tatap muka, bisa dengan klik saja melalui aplikasi ini. Aplikasi sudah bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

Bagaimana Trakindo menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19? Mengingat pastinya banyak kliennya juga merasakan krisis?

Ini kondisi krisis global, pelanggan kami pun merasakan, memang perlu usaha untuk bangkit. Kami melihat belangan sudah terlihat kebangkitan. Memang modal kerja pelanggan kami sedikit dalam kondisi sekarang, aliran kas pelanggan pun ketat, proyek juga terbatas. Untuk itu kami ingin membantu pelanggan dengan memberikan kemudahan yang bisa membantu cashflow mereka. Kami meluncurkan layanan baru, pada 7 September, kami menyediakan uang muka atau DP bisa sampai 6 kali untuk pembelian alat berat ekskavator CAT 320 dan 320 GC dengan bunga juga ringan 11% saja. Untuk mendapatkan layanan ini, pelangan bisa langsung menghubungi kami. Kami bisa memberikan pembiayaan yang menarik ini di bawah Chandra Sakti Utama Leasing, anak usaha kami.

Bagaimana supply chain Trakindo, agar bisa memberikan layanan maksimal?

Trakindo sudah melayani pelanggan dengan produk CAT hampir 50 tahun. Awal tahun depan kami berulang tahun ke-50 tepatnya. Semua supply chain dan cabang kami sudah terintegrasi, termasuk site project. Warehouse dan workshop ada 40 lokasi, kemudian ada machine rebuild center di 2 lokasi, serta component rebuild center 2 lolasi juga. Termasuk juga kami ada SOS Lab, ini semacam tempat untuk check up alat berat pelanggan kami. Teknisi kami ada 2500 yang siap mendukung seluruh klien kami, melalui hub-hub di seluruh Indonesia. Kami membangun cabang dekat dengan lokasi customer serta dekat juga dengan warehouse kami. Sehingga suku cadang dan teknisi on site, jadi klien perkebunan kami misalnya, yang ada di remote bisa tetap dilayani dengan baik. Jangan lupa kami memiliki service command center, jadi ketika ada permasalahan alat berat mereka, mereka akan mendapat arahan perbaikan byphone oleh services advisor kami. Jadi tidak harus semua masalah pelanggan kami itu dengan mengirim teknisi. Sebab jarak terjauh posisi teknisi dengan klien kami itu maksimal 4 jam, kami ingin lebih dekat lagi dengan pelanggan kami.

Apakah dalam setiap layanan penyewaan apakah termasuk operator? Selain itu setelah proyek telah selesai apakah alat berat yang sudah dibeli bisa dijual kembali ke Trakindo?

Jasa kami meliputi alat berat plus perawatan, tapi tanpa operator. Tentang penjualan kembali tentu bisa, kami ada divisi khusus melayani ini, tapi kami juga harus melihat kondisi alat beratnya, kemudian kami jual kembali yang membutuhkan alat bekas. Juga bisa melayani trade in, tukar tambah, jadi alat berat lama diganti baru.

Teknologi terbaru apa yang diimplementasi alat berat yang ditawarkan Trakindo?

CAT 320 itu didukung mesin pintar yang luar biasa. Bahkan bisa menset otomatis kemiringan. Misal ekskavatornya membutuhkan pengerjaan lahan kemiringan 45 derajat, ini bisa dengan mudah di set, sama hasilnya dengan operator yang berpengalaman 20-30 tahun. Termasuk teknologi lain di ekskavator ini, itu bisa menimbang otomatis berapa setiap angkut bucket, isinya, jadi truk terisi dengan tepat, ini tentu terkait dengan konsumsi bahan bakar. Ada juga teknologi MDP (Machine Drive Power), ini untuk memadatkan tanah, di kabin sudah ada indikator, berapa kepadatan yang sudah dicapai setiap CAT CS11 GC lewati. Ini tentu memudahkan kerja sehingga solusi yang diberikan pelanggan kami memang mendukung efisiensi mereka.

Seperti apa tantangan paling berat selama masa pandemi ini?

Kami mengutamakan keselamatan dan keamanan pelanggan serta karyawan. Sejak Maret kantor kami sudah WFH, tapi ada juga yang melayani klien kami ke lokasi. Bagi yang tetap harus bekerja melayani pelanggan ke lokasi atau di kantor, kami tetap menjaga protokol kesehatan. Namun demikian kami mendorong layanan digital. Tahun lalu langkah pemasaran kami lakukan dengan roadshow ke daerah-daerah, tentang layanan, produk baru dan demo alat berat. Terakhir kami adakan roadshow di Banjarmasin pada bulan Februari 2020.

Tahun ini kami lebih ke aktivitas digital, kami mengadakan Trakindo Care eVent, melalui Zoom. Saat roadshow offline antara 150-200 klien datang. Dengan virtual kami pun klien yang hadir bisa mencapai jumlah sama. Kami bahkan mengadakan 15 kali roadshow virtual, dengan nobar, ini cukup menghibur pelanggan kami. Melalui Trakindo Customer App yang diluncurkan medio Juli 2020,  memang kami tujukan untuk pelanggan ritel, yang memang butuh update status informasi. Antusiasmenya sangat intens, bahkan sudah 30% customer sudah terhubung dengan aplikasi ini. Targetnya dalam 1-2 bulan mendatang, kami ingin customer bisa terhubung hingga 70% dengan aplikasi ini. Melalui aplikasi, paperless, pembayaran pun bisa dipilih alokasi pembayaran invoice ke yang mana. Aplikasi ini terhubung dengan CAT Apps. Di CAT Apps, pelanggan bisa melihat kesehatan alat beratnya melalui ponsel mereka.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)