IGN Dorong Sambal sebagai Identitas Kuliner Nasional

Vita Datau, Pendiri Indonesia Gastronomi Network (Foto: Anastasia AS/SWA).

Masyarakat Indonesia sejak dulu telah terbiasa mengonsumsi sambal dalam setiap hidangannya, baik dalam hidangan harian maupun perayaan hari-hari penting lain. Mungkin, sebagian besar masyarakat mengangguk setuju dengan ungkapan 'Makanan tidak akan lengkap, jika tanpa sambal.' Sebab, sambal sudah menjadi hidangan tambahan makanan yang melekat kuat di segala lapisan sosial masyarakat Indonesia.

Vita Datau, Pendiri Indonesia Gastronomi Network (IGN) mengatakan bahwa sambal yang ada di Nusantara bukan hanya pedas akibat dari rasa cabai, tetapi tercipta akibat adanya perpaduan rasa pedas cabai dan bahan-bahan lain. “Campuran tersebut menghasilkan harmoni kompleks yang hadir bak sistem suara apik pada sebuah konser,” kata dia.

Peranan sambal yang ikonik dalam budaya santap di Indonesia, membuat dirinya dan sejumlah pegiat kuliner di Indonesia mengagas Hari Sambal Nasional pada 24 November 2021 besok. Perayaan tersebut dilakukan untuk merayakan keragaman kuliner Indonesia serta mengangkat sambal sebagai salah satu identitas budaya nasional.

“Tujuannya adalah melestarikan aneka sambal Nusantara sebagai budaya kuliner Indonesia, memperkenalkan ragam sambal Nusantara pada masyarakat Indonesia mau pun dunia internasional,” kata dia menegaskan. Selain itu, kata Vita, momen Hari Sambal Nasional juga bisa dimanfaatkan oleh para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta dapat mengakomodir terciptanya berbagai resep sambal Indonesia yang baru sebagai inovasi kuliner.

“Besok merupakan gerakan awal dan inisiasi. Kami akan follow up dan meminta dukungan pemerintah untuk bisa menjadikan tanggal 24 November 2021 sebagai Hari Sambal Nasional,” kata dia. Ke depan, Indonesia Gastronomi Network dan sejumlah pegiat kuliner akan membuat roadmap atau peta jalan sambal nasional, sehingga keberadaan sambal nusantara bisa diakui oleh masyarakat Indonesia dan dunia internasional.

Melalui rangkaian acara Pekan Kebudayaan Nasional 2021, Koki Profesional Bara Pattiradjawane dan Pengisah Kuliner Ade Putri Paramadita akan memperkenalkan 42 sambal Indonesia secara maraton. Bersamaan dengan itu, IGN juga mendukung unggahan serentak sambal nusantara favorit tiap orang menggunakan tagar #SambalIndonesia #SambalNusantara #HariSambalNusantara di berbagai media sosial.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)