Ikan Arowana Berpotensi Dukung Ekonomi Indonesia

Kompetisi Arowana jenis Super Red yang digagas oleh Iseereds yang juga breeder Arowana yang ada di kota Jakarta, Bandung, Pontianak, pada 3-7 Maret di Pasific Place Mall bertujuan meningkatkan awareness kan hias terbaik di dunia itu adanya di Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan upaya melestarikan dan membudidayakan jenis ikan purba ini agar tidak punah, bahkan membawa dampak sisi perekonomian non migas Indonesia, salah satunya dengan mengekspor ikan Arowana yang semakin diminati di Negara luar seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong, Tiongkok, Jepang dan Filipina.

"Tanpa mengecilkan serta mengeyampingkan jenis ikan hias lainnya, Masyarakat kita harus tahu bahwa salah satu jenis ikan terbaik di dunia itu adalah Arowana. Adanya event ini bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat luas bahwa dengan membudidayakan Arowana juga memberikan dampak yang positif tidak hanya untuk pelestarian atau hobby semata, namun jika diseriusi bisa mendatangkan hasil bisnis dengan omset yang cukup besar bagi para pelaku usahanya," kata Edy, Pendiri Iseereds bersama dua rekannya Michael Leonard dan Rudyanto Gunawan saat Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo di Pasific Place Mall Jakarta.

Kompetisi Arowana jenis Super Red yang diikuti oleh 35 peserta terbagi dalam 3 kelas yakni kecil, sedang, besar. Semua kontestan yang umumnya juga bergabung di berbagai komunitas Arowana di Tanah Air, dipilih dari seleksi yang cukup ketat, berbagai ikan tersebut umumnya juga merupakan pemenang diberbagai kontes kejuaraan Arowana yang pernah ada sebelumnya. Dan dalam event ini, Iseereds tidak menurunkan ikannya, hanya sebagai penyelenggara saja.

Michael mengungkapkan bahwa Iseereds tidak melombakan ikan koleksi mereka, karena ingin kompetisi ini berlangsung dengan fair, serta dalam upaya lebih mengenalkan serta mengedukasi Arowana ke masyarakat. “Tidak hanya lomba saja, kami juga ingin berbagi lewat kegiatan charity. Jadi para pemenang di event ini akan menyerahkan hasil uang juaranya untuk didonasikan ke panti asuhan yang mereka pilih atau untuk membantu dana penanggulangan Covid ke instansi terkait,” imbuhnya.

Ia menuturkan bahwa kegiatan ini juga dengan misi untuk mengikis persepsi bahwa hobby Arowana itu hanya diminati oleh lapisan kelas atas saja. “Nyatanya sekarang banyak lapisan bawah dan menengah mulai beralih ke Arowana, karena mengurus Arowana itu tidak sulit. Bahkan dimasa pandemi saat ini, banyak orang yang sudah serius untuk membudidayakan Arowana, mulai dari mencoba sebagai breeder, penjual akuarium, penjual makanan Arowana yang notabene terjadi perputaran roda perekonomian juga,” katanya.

Menurutnya, bisa dibilang hobi mengoleksi ikan ini juga bisa menghasilkan uang. “Ke depannya kami juga ingin berbagai kontes Arowana internasional akan ada juri utama dari Indonesia, " ujarnya lagi.

"Terima kasih untuk Iseereds yang sudah menyelenggarakan event ini. Bagi kami para breeder dan juga peserta lomba, event ini sangat bagus untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan hobby Arowana dan pastinya akan bemunculan para penikmat Arowana baru. Apalagi animo para pengunjung dievent ini sangat banyak, mulai dari masyarakat umum, komunitas pecinta Arowana dan juga selebritis atau publik figur," kata Cucu Martono, breeder rumah Arowana Qilla Bandung, yang juga menurunkan Messi nama ikan Arowananya di kelas B2.

Penyelenggaraan Event ini juga mendapat dukungan langsung dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang turut hadir di hari ketiga penyelenggaraan Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo 2021. Bahkan pria yang kerap akrab disapa Bamsoet tersebut kagum dengan adanya ikan asli Indonesia yang sangat mahal harganya mencapai nilai milyaran rupiah, yang ia lihat langsung. Ia pun berpesan agar Iseereds dapat terus eksis menyelenggarakan berbagai event, pameran serta mengedukasi Arowana ke seluruh masyarakat Indonesia.

"Iseereds harus terus eksis menyelenggarakan berbagai event serta menggaungkan Arowana seluas-luasnya, karena kita harus bangga adanya ikan asli Indonesia, selain unik dan indah, Arowana juga mempunyai nilai bisnisnya yang merupakan bagian dari Investasi Untuk itu kami berharap, pemerintah mendukung pelestarian Arowana di Indonesia dan memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnisnya,” ucap Bamsoet.

Edy menambahkan bahwa negara-negara luar saja mengakui keindahan ikan Arowana dan daya beli mereka juga cukup tinggi saat ini. “Kalo bukan kita yang menjaga pembudidayaan dan kelestariannya, bisa jadi merekalah yang akan kelak menjadi pemain dipasaran internasional. Iseereds juga berharap para breeder Arowana lainnya juga saling support satu sama lainnya dan bersama-sama membesarkan Arowana baik secara hobby ataupun secara bisnis baik didalam maupun diluar negeri," imbuh Edy.

Iseereds berfokus pada budidaya Arowana Asia (Scleropages Formosus) merah berkualitas tinggi yang merupakan ikan endemik Indonesia, dan dapat ditemukan khususnya di Sungai Kapuas, Provinsi Kalimantan Barat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)