Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara akan Naikkan Tarif Kargo Minimal 20%

Seiring dengan berita kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah diumumkan pada Sabtu (03/09/2022) lalu, banyak pihak yang merespons baik melalui tulisan maupun lisan bahkan seruan aksi, begitupun dengan sejumlah sektor di bidang industri jasa logistik.

Begutu haalnya anggota Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) yang siap menaikkan harga atau ongkos pengiriman kargo darat dan laut minimal 20%.

IPCN sebagai organisasi para pengusaha kargo nasional telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, berorientasi pada pelanggan yang berasal dari UMKM dan akar rumput usaha yang paling bawah.

Setiap hari, pelaku usaha kargo mengirim sebesar 500 ton logistik, sehingga kenaikan BBM berdampak pada kenaikan biaya  pengiriman.

Benny Syarifuddin, Ketua IPCN menjelaskan bahwa kenaikan BBM ini akan berakibat pada UMKM khususnya petani dan perajin yang notabene merupakan pelanggan utama kargo logistic  IPCN.

Menanggapi hal tersebut IPCN membuat kebijakan untuk menaikkan ongkos kirim minimal 20%. “Kenaikan BBM membuat kami juga harus menyesuaikan kebijakan baru kepada pelanggan, sehingga kami berencana menaikkan ongkos kirim minimal 20%. Angka ini merupakan jumlah  yang aman untuk kargo dan pelanggan. Terlebih kami adalah kargo yang berorientasi pada harga murah untuk pelanggan,” jelas Benny.

Afrizal, S.H., M.H sebagi Dewan Penasehat IPC menambahkan bahwa kehadiran kargo logistic ini khususnya IPCN memberikan arti kepada seluruh mitra dan pelaggan dengan mematokharga terendah untuk masyarakat. “IPCN berharap terus bisa menemani para UMKM untuk terus bertahan dan tetap berkompetisi.  Namun, akibat kenaikan BBM ini IPCN memperkirakan bahwa akan terjadi 30-40% penurunan permintaan dari pelanggan,” jelasnya.

Benny berharap agar pemerintah dapat lebih memikirkan para pelaku usaha kargo atau logistic terutama yang masih merintis, sehingga dapat memberikan skema subsidi bahan bakar tertentu. Tentunya jika ini terjadi, maka pengusaha kargo juga tidak menaikan harga ongkos kirim kepada pelanggan. 

Para perwakilan IPCN yang hadir dalam pernyataan siapk tersebut, menyampaikan respons dan usulan sehingga berharap pemerintah mengambil kebijakan yang tepat sasaran kepada para pengusaha kargo dan masyarakat, serta dapat menyikapi penyesuaian harga BBM secara baik untuk semua pihak.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)