Ikea Art Event 2018 Dukung Seni 8 Negara

Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia bersama seniman Arkiv Wilmasa.

Peritel perabot rumah tanngga asal Swedia, Ikea, menggelar acara Ikea Art Event 2018 di gerainya Ikea Alam Sutera, Tangerang Selatan. Acara ini untuk mendukung dan memperkenalkan karya seni dari beberapa negara yang terpilih. 

Tahun 2018, Ikea menyuguhkan koleksi terbatas 8 figurines hasil karya 8 seniman dari berbagai negara. Indonesia mengambil bagian dan terpilihlah Arkiv Vilmansa, seniman dan desainer asal Bandung. Menurut Marketing Manager Ikea Indonesia, Eliza Fazia, melalui acara ini, pihaknya ingin mendemokratisasi seni di mana karya seni unggulan dapat dinikmati oleh banyak orang di rumah mereka. 

“Ikea berkolaborasi dengan seniman yang sudah diakui di dunia untuk menciptakan hasil karya seni yang berkualitas namun tetap terjangkau,” tambahnya. Ikea Art Event tahun ini mengangkat tradisi seni kaca tiup kuno Swedia. Ikea berkolaborasi dengan artis muda dan modern seperti desainer mainan, street art dan manga. Selain Arkiv dari Indonesia, seniman lainnya antara lain Joe Ledbetter (Amerika), Michael Lau (Hong Kong), Nathan Jurevicius (Kanada), Junko Mizuno (Jepang), duo Coarse (Jerman), James Jarvis (Inggris), dan Ludvig Löfgren (Swedia).

Hasil karya para artis tersebut dibuat menjadi sebuah figurine kaca yang diproduksi di pabrik kaca di Målerås, Småland, Swedia. Setiap figurine merepresentasikan kehidupan sehari-hari dengan cerita dan latar belakang yang memiliki makna tersendiri bagi senimannya. Arkiv  menciptakan karya abstrak bernaman Hira yang memiliki arti “mimpi yang indah.” Karya ini merupakan refleksi dari perjalanan hijrahnya dan merupakan nama goa tempat Nabi Muhammad menerima wahyu. 

Partisipasi Arkiv , membuktikan dukungan Ikea terhadap kemajuan seniman Indonesia. “Ikea Art Event 2018 memberikan peluang kepada seniman Indonesia untuk menghasilkan karya yang bisa dinikmati di seluruh dunia,” ujar Eliza. Hira akan dijual di seluruh ritel jaringan Ikea  secara global. “Kolaborasi dengan Ikea ini memiliki makna personal bagi diri saya. Sangat senang mimpi saya dapat terwujud dan masyarakat di seluruh dunia dapat menikmatinya,” ungkap Arkiv. 

Pada acara  ini, IkeaIndonesia juga meluncurkan area khusus untuk penjualan koleksi terbatas yang di Limited Collection Shop. Area yang berlokasi di lower entrance toko Ikea ini menghadirkan kedelapan hasil karya para artis dunia beserta cerita di balik karyanya. Produk kolaborasi ini dipasarkan seharga Rp799 ribu.

 

Editor :Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!