Ikea Gandeng UKM Binaan YDBA di Pameran Teras Indonesia

Pameran UKM Teras Indonesia yang diadakan IKEA bersama UKM binaan YDBA

Ikea Indonesia kembali menghadirkan Teras Indonesia,  pameran UKM kerajinan Indonesia. Pameran ini menampilkan berbagai produk kerajinan rumah tangga, kerajinan favorit yang unik dengan mngedepankan tema budaya Indonesia seperti batik, tenun dan handmade handicraft.

Pameran ini hasil kolaborasi dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) guna mendorong dan memperkenalkan konsumen terhadap produksi kerajinan UKM yang berpartisipasi. UKM yang ikut serta antara lain UKM Berkat Pandu, UKM Rumah Tajung Antiq, dan UKM Oniecraft. Country Marketing Manager Ikea Indonesia, Eliza Fazia, mengatakan,  pameran  ini berusaha memperkenalkan produk-produk UKM yang sangat unik dan khas kepada masyarakat.

Pameran UKM Teras Indonesia yang ke-9 ini diselenggarakan akhir pekan lalu dengan mengangkat tiga UKM binaan YDBA. Ketiga UKM yang berpartisipasi menampilkan produk-produknya di Ikea Alam Sutera mendapatkan kesempatan untuk dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat.

Batik Berkat Pandu yang didirikan tahun 2010 memproduksi kain batik tulis, batik cap dan batik print di daerah Solo dengan memperkerjakan 7 orang karyawan di Solo dan dua orang karyawan di Jakarta. Sejak tahun 2011 Batik Berkat Pandu menghadirkan koleksinya di salah satu mall Jakarta dan aktif mengikuti pameran yang digelar berbagai instansi pemerintah dan bekerja sama dengan YDBA.

 

Sementara itu, Rumah Tajung Antiq merupakan sebuah kelompok usaha bersama yang bergerak di bidang pertenunan bukan mesin (ATBM) khas Palembang seperti Sarung Tajung, Blongsong, Bahan Meteran dan Blongket Sutra Antik. Berdiri sejak tahun 2016, kini jumlah tenaga penenun Rumah Tajung Antiq mencapai 25 orang. Rumah Tajung Antiq juga menyediakan kursus bagi anak-anak penenun termasuk kursus keterampilan tangan dan pelatihan penenunan gratis bagi remaja putus sekolah agar dapat bergabung.

Oniecraft dibesut tahun 2008. Awalnya hanya membuat kartu ucapan 3 Dimensi (seni kertas 2 dimensi diproses menjadi kesan 3 dimensi) yang kemudian berkembang menjadi souvenir 3 Dimensi bentuk: 3D box, organizer ggfts dan frame. Dengan berjalannya waktu dan juga atas bimbingan selama ikut di YDBA, dan dengan semakin banyak permintaan bentuk–bentuk souvenir lainnya, maka Oniecraft berinovasi membuat aneka souvenir dan perhiasan.

Semua karya Oniecraft merupakan handmade dan mengedepankan tema budaya Indonesia. Produk ini ingin memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke dunia internasional melalui produk handicraft Indonesia yang bernilai seni tinggi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)