Implementasi SEO, Jurus UKM Pangkas Biaya Promosi

Digital Markerting mutlak diperlukan UKM (foto: Ist).

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama PT Opatan Komunika Sejahtera -konsultan media OK’S Consultant- menggelar pelatihan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan tema “Digital Marketing, Solusi Hemat Promosi UKM di Tengah Wabah Covid-19” . Tema pelatihan ini bermanfaat bagi UKM agar lebih maksimal melakukan pemasaran online.

Pelatihan dilakukan dengan motode live streaming atau diskusi secara online, dimana peserta diskusi dapat menyimak pembicara pelatihan dari tempatnya masing-masing dengan mengakses channel pada aplikasi video sharing, youtube dengan pembicara Dudung Arief Rahmanto, pegiat Search Engine Organizing (SEO) yang juga Owner Dominasiserp.com (11/4).

Uniknya, Dudung berbagi ilmu dari sebuah kota di Jawa Timur, sementara penyelenggara OK'Consultant memandu acara dari beberapa tempat di Jabodetabek. Diakui Dudung memasuki era digitalisasi yang sarat ketergantungan pada social media, sehingga digital marketing telah menjadi salah satu strategi promosi dan pemasaran yang sangat relevan sekaligus efisien bagi UKM.

Apalagi sejak wabah virus COVID-19 (Corona) merambah Indonesia dan pemerintah menerapan kebijakan physical distancing sampai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dimana masyarakat untuk tetap di rumah masing-masing dan membatasi mobilitas di luar ruang.

Tentunya dalam kondisi pandemi, kesehatan dan rasa aman merupakan hal yang sangat berharga, baik bagi individu maupun keluarga. Hal inilah yang mendorong masyrakat untuk memenuhi sebagian besar kebutuhannya dengan melakukan transaksi secara online.

Ia menambahkan, salah satu bagian dari strategi yang dapat memaksimalkan digital marketing adalah dengan mengimplementasikan SEO agar dapat mengoptimalkan promosi produk atau website milik UKM. Implementasi SEO, UKM berpeluang menghemat biaya iklan. Selain itu, implementasi SEO juga terbilang simple, siapapun bisa melakukannya,” kata Dudung.

Direktur Utama OK’S Consultant, M. Wijaya, berharap langkah produktif ini dapat mendukung upaya seluruh pihak untuk menekan penyebaran Covid-19 sekaligus tetap menambah kapasitas UKM dalam hal digital marketing. “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Bank BNI dalam menumbuhkembangkan sektor UKM yang berdaya saing global,” katanya.

OK’S Consultant memiliki komitmen yang tinggi terhadap upaya-upaya pengembangan UKM di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, senantiasa menjadi bagian dari penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan serta pendampingan bagi UKM.

“Kami memosisikan diri sebagai jembatan antara UKM dengan pemangku kebijakan, sektor usaha skala besar, lembaga pembiayan, serta seluruh stakeholders terkait. Dengan harapan, UKM tidak hanya dijadikan sebagai jargon kekuatan perekonomian nasional tetapi juga menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan ekonomi itu sendiri,” kata M. Wijaya.

Hingga saat ini OK’S Consultant telah memiliki lebih dari 1.000 UKM mitra binaan dari berbagai bidang usaha yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)