Technology Trends

Implementasikan AICX, Kata.ai Catat Pertumbuhan Bisnis 80%

Implementasikan AICX, Kata.ai Catat Pertumbuhan Bisnis 80%

Kata.ai, perusahaan kecerdasan artifisial berbasis natural language processing, mengimplementasikan teknologi AICX (artificial intelligence customer experience) atau chatbot. Teknologi tersebut diciptakan untuk memberikan pengalaman komunikasi dua arah antara bisnis dan konsumen.

Percepatan adaptasi teknologi digital selama masa pandemi dinilai menjadi salah satu alasan teknologi AICX semakin dibutuhkan banyak pelaku bisnis untuk terus meraih pertumbuhan yang berbasis efisiensi. “Kami memulai awal tahun 2022 dengan raihan positif dengan pertumbuhan bisnis year on year tumbuh sebanyak 80%,” ujar Irzan Raditya, CEO & Co-founder Kata.ai. Pertumbuhan bisnis pun diiringi dengan peningkatan growth conversations 2 kali lipat (YoY) dan peningkatan pengguna aktif 170% (YoY).

Di Kuartal I tahun 2022 Kata.ai berhasil mencapai 1,5 miliar percakapan yang datang dari berbagai lintas industri. Tercatat 26 industri kini telah mengadopsi teknologi chatbot dengan berbagai orientasi bisnis yang beragam.Tingkat adopsi teknologi AICX tertinggi didominasi oleh enam industri yaitu jasa keuangan, ritel, teknologi, kuliner, platform e-commerce serta sektor pemerintahan & BUMN.

Pemanfaatan teknologi chatbot sendiri disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang bervariasi mulai dari kebutuhan customer service, asisten virtual, marketing, leads generation sampai dengan employee engagement dari fungsi human resources.

Irzan menambahkan teknologi kecerdasan artifisial semakin tumbuh dari hari ke hari seiring dengan gaya hidup konsumen. Penetrasi koneksi internet yang semakin cepat, penggunaan smartphone yang merata di masyarakat, pembayaran lewat dompet digital, belanja online serta layanan yang umumnya ditemui sehari-hari kini jadi peluang teknologi kecerdasan buatan untuk bisa diadaptasi dengan tujuan memberikan pengalaman. “Bermacam industri pun semakin fokus untuk bisa mengembangkan solusi yang tepat lewat penerapan teknologi chatbot yang semakin relevan dalam memaksimalkan operasional demi meraih keuntungan bisnis,” tutur Irzan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved