Index Mozaik Indonesia 2017 Dibuka Hari Ini

Melissa O'Gorman, Event Director, DMG Events (Kiri)

Melajunya perkembangan industri hospitality dan design di Asia dan Australia berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan produk-produk interior dan houseware guna pembangunan proyek hotel, resto interior, dan kafe di Indonesia.

Untuk mengakomodir peningkatan tersebut, DMG, perusahaan eksebisi yang berbasis di Dubai berkolaborasi dengan Nine Events menggelar pameran yang diberi nama Index Mozaik 2017 (05/10/2017). Pameran ini dijadwalkan  berlangsung dari tanggal 5-8 Oktober 2017 di Jakarta Convention Center, Senayan.

Index Mozaik 2017 merupakan pameran yang menghadirkan pelaku industri desain interior dan menyediakan berbagai macam alat-alat rumah tangga dan cinderamata. Event yang baru pertama kali digelar ini merupakan rangkaian agenda pameran tahunan Index Design Serie yang diselenggarakan di Dubai, UEA selama 27 tahun terkhir.

DMG selaku penyelenggara, melihat perkembangan industri interior di Indonesia sebagai  kesempatan untuk memperluas bisnisnya di kawasan Asia Tenggara dan Australia. Pameran ini diproyeksikan akan menjadi tempat bertemunya pemain global industri interior dengan konsumen.

Integrasi antara Index Indonesia dengan Mozaik Houswares and Gift Show akan menjadikan pameran ini sebagai satu-satunya pameran business to business di Indonesia. “Pameran ini akan berfokus pada industri desain interior, home furnishing,  peralatan rumah tangga, dan cinderamata, mengingat pasar yang terus meningkat,” ujar Etty Anggraeni, Direktur Nine Event. Lebih lanjut dia menjelaskan, industri peralatan rumah tangga diproyeksikan akan naik sebesar 10% pada tahun 2017 ini. Karena di dorong oleh meningkatnya masyarakat kelas menengah. Industri ini juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya perkembangan industri properti, pariwisata, dan hospitality.

Tercatat, sepanjang 2016-2017 sebanyak 11,5 juta turis internasional berkunjung ke Indonesia, seiring dengan target yang dibidik pemerintah sebesar 15juta wisatawan pada tahun ini. Meroketnya jumlah wisatwan yang berkunjung ke Indonesia, membuat banyak pihak membangun hotel untuk mengakomodir lonjakan pengunjung. Menurut data yang dikeluarkan STR per November 2016, tercatat 23.440 kamar hotel dibangun dalam 120 proyek pembangunan hotel. Angka ini menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik setelah Tiongkok dan India. Lonjakan signifikan juga terjadi pada industri properti, dimana 22ribu unit apartement akan dibangun dalam 4 tahun mendatang.

Melissa O’Gorman, Event Director, DMG Events melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi bisnis luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. “Pembangunan ritel, pariwisata, infrastruktur, dan konstruksi kian meyakinkan kami terhadap negara ini sebagai pangsa pasar yang potensial di masa depan,” ujarnya.

Pameran ini diikuti oleh 13 negara dan 200 brand di kawasan Asia dan Eropa, seperti Perancis, Spanyol, India, China, Malaysia, dan  German. Sebagai pameran perdana yang dihelat di Indonesia, Index Mozaik 2017 menargetkan 6-8 ribu buyers potensial dari dalam dan luar negeri.

Etty melanjutkan, pihaknya optimis dengan adanya kolaborasi antara Index dan Mozaik ini. “Kami berharap penyelenggaran ini akan menjadi wadah interaksi bagi produsen dan pembeli di Indonesia, Asia Tenggara, dan Australia,” tutur Etty.

 

Editor: Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)