Indico Optimistis Industri Telko Dorong Keberlangsungan Startup

Indico Telkomsel
Indico menilai, industri telekomunikasi memiliki peran krusial di berbagai sektor (Foto: dok. Indico)

Anak perusahaan Telkomsel yang fokus dalam pengembangan ekosistem digital, Indico optimistis terhadap dukungan ekosistem digital dari industri telekomunikasi yang mampu mendorong bisnis startup saat ini.

Indico menilai, industri telekomunikasi memiliki peran krusial di berbagai sektor, terlebih Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu, sebagai sebuah industri yang sudah matang dan beroperasi selama puluhan tahun, industri telekomunikasi menyimpan aset dan kapabilitas yang sangat besar untuk dimanfaatkan sebagai enabler terhadap keberlangsungan bisnis digital saat ini.

Andi Kristianto, CEO Indico mengatakan, pihaknya merangkul para pelaku startup dan industri kreatif untuk bersama-sama merumuskan strategi dalam mengoptimalkan kapabilitas industri telekomunikasi tersebut sebagai ekosistem digital yang solid bagi startup.

Kondisi yang menantang pada saat ini, kata dia, semakin menuntut startup untuk dapat segera membuktikan bahwa bisnis mereka tengah menuju profitabilitas. Oleh karena itu, keberadaan ekosistem digital yang mendukung startup menjadi semakin krusial.

"Kami melihat kematangan industri telekomunikasi selama puluhan tahun dapat memberikan dukungan ekosistem digital yang tepat dan membantu mereka dalam menavigasi bisnis. Sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi, Telkomsel yang telah berinovasi dalam 27 tahun terakhir memiliki aset dan kapabilitas yang akan berguna sebagai diferensiasi dalam pengembangan bisnis startup," katanya dalam rangkaian acara Ideafest 2022, Minggu (27/11/2022).

Lantas, bagaimana aset dan kapabilitas industri telekomunikasi bisa mendorong terbentuknya ekosistem digital yang tepat untuk mengembangkan bisnis startup?

Menurut Andi, era digital telah membuat konektivitas menjadi sebuah keharusan untuk mendukung eksistensi dunia bisnis. Terlebih, konektivitas digital di Indonesia menjadi sebuah solusi yang dapat menjembatani berbagai wilayah kepulauan ini.

Baca juga: Indico akan Menjadi Agregator dan Akses Pasar Para Kreator Lokal

Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkomsel sendiri telah menggelar jaringan terluas di Indonesia, dengan lebih dari 260.000 BTS yang sebagian besar telah didukung teknologi broadband terkini, 4G dan 5G. Dukungan ekosistem digital berupa jaringan koneksi ini akan membantu startup untuk mengembangkan layanan berbasis digitalnya, karena infrastruktur digital yang sudah tersedia dengan jaringan koneksi yang stabil dan luas di berbagai wilayah, bahkan daerah terpencil sekalipun.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)