Indofood Ironman 70.3 Bidik 1.300 Peserta

(kiri) General Manager Bintan Resort Cakrawala, Adul Wahab

Kompetisi olahraga Triathlon Indofood Ironman 70.3 kembali dilaksanakan untuk kali ke-5 di Bintan. Kompetisi yang terdiri dari olahraga berenang, lari, dan bersepeda ini akan dilaksanakan pada 25 Agustus 2019 bertempat di Lagoi, Bintan.

Kejuaraan ini merupakan hasil kerja sama dari MetaSport sebagai penyelenggara utama, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, dan Indofood sebagai sposnr utama.

Ironman Series adalah event olahraga yang telah melanglangbuana sejak tahun 1978. Sejauh ini, telah diselenggarakan di berbagai negara termasuk Indonesia. Kompetisi yang diikuti oleh atlet triathlon amatir ini ini menargetkan 1.300 peserta di mana saat ini jumlah pendaftar telah mencapai 900 peserta. Hal ini membuktikan bahwa antusiasme wisatawan untuk acara ini terbilang besar.

Nathalie Marquet, CEO Meta Sport, menjelaskan, penamaan Ironman 70.3. “Pemilihan angka 70.3 dipilih karena total jarak yang akan ditempuh para triatlet amatir dalam kompetisi adalah 70,3 mil. Sehingga, Ironman dinobatkan menjadi kompetisi olahraga dengan jarak tempuh terpanjang di dunia,” ungkapnya.

Nathalie juga mengungkapkan adanya perbedaan antara Ironman 70.3 dan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, slot peserta akan ditambah dari yang tadinya 30 slot di tahun 2018 menjadi 60 slot di tahun ini. Selain itu, perubahan juga dilakukan pada aturan kompetisi dalam hal dimulainya start.

Hal unik lainnya dari Ironman 70.3adalah kompetisi fun sport ini tidak akan memberi hadiah pada peserta. Tujuan dari kompetisi atlet amatir ini adalah untuk memberikan experience dan prestige. “Atlet amatir yang menjadi pemenang kompetisi ini akan diikutkan di Kejuaran Dunia Ironman yang akan diadakan di Taupo, Selandia Baru di tahun 2020,” papar Nathalie di Jakarta (25/6/2019).

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Ironman70.3. Di antaranya menambah hotel, memperbaiki infrastruktur, termasuk memberdayakan warga lokal untuk ikut berpartisipasi. Bintan memang telah berbenah untuk menjadi pusat sport tourism di Indonesia.

Wan Rudy Iskandar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, membeberkan bahwa dari tahun ke tahun, jumlah wisatawan asing yang bertandang ke Kabupaten Bintan semakin bertambah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bintan, jumlah wisatawan asing yang masuk mulai dari awal tahun hingga bulan April telah mencapai 205 ribu. Terlebih Bintan merupakan salah satu pintu masuk kunjungan wisatawan terbesar ketiga.

“Kami sangat berharap Ironman 70.3 ini sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia khususnya ke Bintan. Apalagi acara ini termasuk dalam 100 wonderful event di dunia dan menjadi top 3 event di Indonesia,” jelasnya.

Indofood sebagai sponsor utama yang melibatkan brand produk Indomie, Indomilk, dan Air Minum Club dalam acara ini juga turut mendukung pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Indofood memang telah dikenal sebagai sponsor event olahraga dan turut membantu pemerintah dalam kampanye gerakan masyarakat hidup sehat.

“Indofood sangat bangga berasosiasi dengan Kemenpar dan Meta Sport. Tujuan kami sama, yaitu ingin mendukung sport tourism di Kabupaten Bintan. Apalagi melihat Ironman 70.3 yang namanya sudah established, tentunya akan lebih banyak asosiasi positif antara kami dan event ini,” Stefanus Indrayana, Head of Corporate Communication Indofood, memaparkan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)