Indonesia Infrastructure Week 2017 Kembali Digelar

Tarsus Indonesia bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kembali menghadirkan Indonesia Infrastructure Week (IIW) pada 8-10 November 2017 di Jakarta Convention Center (JCC, Senayan.

Hal ini untuk menyikapi pembangunan infrastruktur sebagai salah satu sasaran prioritas tahun 2018 Pemerintah Indonesia dalam menargetkan perbaikan konektivitas antarwilayah. Dampaknya adalah belanja infrastruktur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 meningkat 5,6 persen menjadi sebesar Rp 409 triliun dibanding APBN Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp 387,3 triliun. Jumlah tersebut meliputi, belanja infastruktur ekonomi Rp 395,1 triliun, infrastuktur sosial Rp 8 triliun, dan dukungan infrastruktur Rp 4,9 triliun.

Untuk mewujudkan konektivitas antar wilayah, pemerintah berencana membangun jalan raya baru sepanjang 865 km, 6 bandar udara, 15 pelabuhan, dan jalur kereta api sepanjang 639 km. Selain itu, pemerintah juga melanjutkan pembangunan jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring di 57 kabupaten/kota.

Sementara berdasarkan data Global Competitiveness Index 2016-2017 yang dirilis oleh World Economic Forum, daya saing Indonesia menempati peringkat ke 41 dari 138 negara sedangkan daya saing infrastruktur berada di peringkat 60 sementara kesiapan teknologi berada di peringkat 91 dari 138 negara.

Event ini menampilkan tiga elemen khusus pameran, mulai dari forum investasi tingkat tinggi, pemaparan beragam proyek infrastruktur, serta pameran produk dan teknologi infrastruktur. Untuk mendukung perkembangan infrastruktur yang diprioritaskan pemerintah, IIW 2017 menghadirkan 5 segmen baru yaitu Infrafinance Indonesia, Infrarail Indonesia, Infraports Indonesia, Infratraffic Indonesia dan Special Economic & Industrial Zone.

“Indonesia Infrastructure Week (IIW) digelar dengan berkolaborasi bersama Pemerintah yang diwakili oleh Kementerian, BUMN serta berbagai perusahaan swasta, agar dapat menjadi sarana untuk menghasilkan peluang bisnis bagi banyak pihak di sektor infrastruktur sekaligus mendukung secara langsung visi penting pembangunan infrastruktur yang menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Didit Siswodwiatmoko, Managing Director Tarsus Indonesia.

Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 dirancang menjadi ajang bertemunya pemerintah dan sektor swasta, baik dari dalam maupun luar negeri untuk dapat berdialog, berbagi pengetahuan tentang isu-isu yang hangat, dan menampilkan produk dan teknologi terbaru. Adapun Indonesia Infrastructure Week akan diselenggarakan dalam satu lokasi event bersama Konstruksi Indonesia 2017 dan The Big 5 Construct Indonesia 2017.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)