Indonesia - Tiongkok Tingkatkan Sinergi Kesehatan Melalui Pameran

Untuk mempromosikan dan mendorong kerja sama Indonesia dan Tiongkok serta negara-negara Asia Tenggara, Pemerintah Tiongkok menggelar pameran China Healthcare Products Expo 2018 (CHEXPO ASEAN) di JiExpo Kemayoran.

Pada pameran pertama ini menampilkan berbagai macam produk layanan kesehatan dan pengobatan dari berbagai ahli, juga teknologi terbaru di bidang kesehatan seperti obat-obatan dan suplemen tradisional, perlengkapan medis, alat diagnosa, dan penunjang perlengkapan laboratorium.

Seperti diketahui Tiongkok terkenal dengan obat tradisionalnya atau disebut juga Traditional Chinese Medicine (TCM). TCM sebagai obat bagi pasien juga diberikan berdampingan dengan obat medis berbahan kimia dan teknologi medis canggih. Sistem ini disebut pula penggabungan teknik pengobatan barat dan timur.

Pengelolaan TCM di Tiongkok telah berlaku secara modern baik dari pengolahan maupun kemasan yang sudah ditentukan dosisnya layaknya medis modern. Pemerintah Tiongkok ingin membawa pengobatan TCM ini ke dunia internasional, dan secara khusus kepada masyarakat Indonesia dan ASEAN melalui CHEXPO ASEAN 2018.

Sekitar 25% produk obat dan produk kesehatan dari Tiongkok diimpor ke negara-negara ASEAN. Pada tahun 2017 sendiri tercatat ekspor obat-obatan dan alat kesehatan dari Tiongkok ke negara ASEAN mencapai angka USD 5,681 juta, dan mencapai USD 992 juta khusus untuk wilayah Indonesia.

Pemerintah Tiongkok juga melihat Indonesia sebagai pintu gerbang “Belt and Road” serta penghubung kerjasama antara negara-negara ASEAN lainnya, selain itu Indonesia juga dipandang sebagai pasar yang sangat luas terutama untuk industri kesehatan yang bisa dilihat dari angka perdagangan Indonesia – Tiongkok yang telah melampaui 1,3 milliar US$ di tahun 2017 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 14,6% dan berharap agar dapat semakin meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Menurut Wang Liping ,Minister Counsellor bidang Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, pada pameran terlihat bagaimana nilai tradisional bisa berdampingan dengan teknologi. "Tiongkok mengambil inisiatif untuk mengajak perusahaan-perusahaan di ASEAN untuk bersama-sama mengembangkan potensi pengobatan tradisional di tengah perkembangan zaman,” ujarnya.

Pameran perdana CHEXPO ASEAN menjadi platform untuk menampilkan produk dan layanan di sektor medis dan kesehatan dengan teknologi terbaru yang bertujuan untuk Indonesia menjadi penghubung kolaborasi industri kesehatan di antara negara Tiongkok dan ASEAN.

CHEXPO ASEAN 2018 didukung oleh pemerintah Tiongkok melalui Kementerian Perdagangan Tiongkok, dan Kamar Dagang Tiongkok untuk Impor dan Ekspor Obat-Obatan dan Produk Kesehatan (CCCMHPIE) sebagai sebuah asosiasi industri perawatan kesehatan internasional di Tiongkok yang berkomitmen untuk mempromosikan kerjasama di sektor perawatan kesehatan global.

Memiliki 2.500 anggota, CCCMHPIE menghadirkan para pelaku industri terkemuka, termasuk dari kalangan manufaktur serta segmen riset dan pengembangan rantai industri kesehatan yang senantiasa terhubung dengan pemerintah serta industri dari lingkup pasar Tiongkok dan luar negeri.

“Tahun 2018 tren produk kesehatan yang masih digemari masyarakat adalah yang terkait dengan produk suplemen kesehatan berbahan dasar herbal dan natural organik yang tentunya sangat relevan dengan industri yang dipamerkan di CHEXPO ASEAN 2018 ini,” kata Zhou Hui, President of CCCMHPIE.

Dalam beberapa tahun terakhir, kerja sama perekonomian dan perdagangan Tiongkok dan ASEAN mengalami pertumbuhan yang pesat khususnya di sektor industri perawatan kesehatan bilateral sekitar 14,6% per tahun. Melihat potensi kerjasama tersebut, CCCMHPIE mengambil kesempatan untuk mengadakan CHEXPO ASEAN 2018 dengan Kementerian Perdagangan Tiongkok.

Selain pameran, juga akan diadakan beberapa kegiatan seperti forum pertemuan bisnis (B2B Meeting) antara pelaku industri kesehatan dan produk obat herbal tradisional terkemuka dengan buyers dari kalangan importir dan distributor, untuk menumbuhkan pemahaman tentang teknologi medis terbaru serta update terkini mengenai obat-obatan dan terapi herbal tradisional, sekaligus juga topik paling hangat yang sedang terjadi di lingkup industri kesehatan.

“Besar harapan kami CHEXPO ASEAN menjadi platform dialog mengenai kebijakan untuk meminimalisir hambatan terhadap akses ke pasar industri kesehatan dan membuka kerjasama bisnis dalam lingkup investasi dan transfer teknologi,” jelas Wang Liping.

Editor : Eva Martaha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)