"Indonesian Weekend 2018" di Inggris Tampilkan Lima Ikon Kuliner Indonesia

Chef Degan Septoadji menampilkan kuliner Indonesia pada Indonesia Weekend 2018

 

Chef Degan Septoadji kembali menampilkan kuliner Indonesia di panggung internasional dalam rangkaian acara perhelatan promosi terpadu Indonesia terbesar di Inggris, "Indonesian Weekend 2018", yang berlangsung tanggal 8-9 September di Potters Field Park, taman berlatar belakang ikonik Tower Bridge.

Di tahun ketiga Indonesian Weekend ini,  Chef Degan menampilkan kelima masakan nasional Indonesia seperti yang dicanangkan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia; yakni Rendang, Sate, Soto, Gado-Gado dan Nasi Goreng.

“Dipilihnya lima ikon kuliner ini memberi peta yang jelas bagi pelaku kuliner dalam mempromosikan budaya Indonesia, khususnya masakan yang dapat mewakili Indonesia, di mancanegara,” ungkap Chef Degan yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri boga.

Kelima makanan khas Nusantara ini, nenurut Chef Degan, bisa menjadi kekuatan diplomasi kuliner ibarat payung yang menaungi ragam intepretasi hidangan daerah.

Hampir seluruh pelosok Nusantara mempunyai soto dan sate dengan versi khas masing-masing. Begitu juga rendang yang memiliki nilai budaya amat tinggi, sangat otentik sebagai makanan khas, disamping Nasi Goreng dan Gado-Gado yang selain ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, juga memiliki bahan yang mudah diperoleh masyarakat internasional di negara mereka.

Sejumlah acara peragaan masak selama Indonesian Weekend juga presentasi di sekolah kuliner terkenal, Le Cordon Bleu London, menjadi jadwal utama Chef Degan. Kuliner Nusantara yang akan ditampilkan mewakili lima ikon tersebut antara lain adalah Rendang, Soto Bandung, Sate Maranggi, Nasi Goreng dan Gado-Gado. Rangkaian presentasi kuliner ini menarik perhatian sejumlah media Inggris, para undangan dan pengunjung festival.

“Sangat membanggakan melihat animo masyarakat internasional terhadap kuliner Indonesia, khususnya generasi muda yang akan menjelajah dunia. Presentasi semacam ini diharap akan menginspirasi rasa ingin tahu mereka untuk berkunjung ke Indonesia selanjutnya,” ungkap Chef Degan lagi.

Dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Indonesia di London serta Provinsi Jawa Barat tahun ini, Indonesian Weekend 2018 mengangkat kebanggaan Indonesia melalui penampilan penari, kostum karnaval, pesilat dan para musisi, selain kuliner Nusantara, dalam acara yang digelar di tepi Sungai Thames, sebuah area ikonik yang dilalui ribuan orang setiap harinya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)