Indosat Ooredoo dan Snap Percepat Penggunaan Augmented Reality

Indosat Ooredoo dan Snap memperluas kerja sama untuk mempercepat proses adaptasi Augmented Reality (AR) di Indonesia. Melalui langkah strategis ini, kedua pihak bertujuan untuk meningkatkan inovasi dalam bidang AR, sekaligus meningkatkan kreativitas dan keterlibatan antara pengguna IM3 Ooredoo, Snapchatters, dan merek-merek (brands).

Selama setahun ke depan, Snapchat dan Indosat Ooredoo akan meluncurkan beberapa program untuk menjembatani perbedaan antara dunia nyata dan maya melalui AR, dan sebagai sarana untuk mempererat ikatan antara komunitas dan bisnis selama masa pandemi. Salah satu dari program yang diluncurkan adalah AR Creator Fund,  program yang akan membuka pintu dan memberikan peluang bagi para pekerja kreatif di Indonesia yang bekerja di bidang AR.

Program ini akan mencakup berbagai webinar, kompetisi, dan kesempatan kerja bagi para pesertanya. Snap juga berencana untuk meluncurkan AR Lens baru setiap minggunya bagi para pelanggan Indosat Ooredoo; Sementara Indosat Ooredoo akan menawarkan paket data tambahan bagi para pengguna Snapchat baru, sehingga pelanggan dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan AR dalam platform Snapchat.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, Indosat Ooredoo juga dipercaya sebagai Authorised Sales Representative Snap untuk mengelola peluang periklanan untuk platform Snapchat di Indonesia.

Seiring penggunaan internet yang berkembang pesat, ditambah dengan kebiasaan masyarakat untuk tinggal di rumah selama pandemi, maka gaya hidup digital makin memengaruhi hidup mereka, termasuk komunikasi, commerce, hiburan, dan pembelajaran. Hal ini telah mempercepat transformasi digital di berbagai bidang bisnis. Dengan transformasi digital yang makin menjadi fokus utama, Indosat Ooredoo akan mendukung merek-merek untuk menggunakan AR sebagai media pemasaran dan promosi produk mereka.

Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman digital yang paling inovatif bagi masyarakat Indonesia melalui kerja sama dengan pemain utama dalam bidang ini. “Kerja sama  ini  bertujuan untuk mendukung kreativitas para developer dan desainer Indonesia sekaligus membantu brands dalam menggunakan potensi AR untuk menjangkau pelanggan dan mentransformasi berbagai industri. Kami percaya bahwa masa depan digital sangatlah menarik, dan Indosat Ooredoo berkomitmen penuh dalam mendukung generasi muda untuk bersaing secara global melalui kolaborasi dengan Snap untuk membangun ekosistem AR yang kokoh di Indonesia. Kami juga memperkenalkan iAds kepada pelanggan bisnis sebagai saluran pemasaran digital yang inovatif untuk menciptakan awareness dan juga untuk mendorong penjualan dari brands mereka," jelas Vikram.

Generasi Snapchat - yang mencakup generasi milenial dan Gen Z - merupakan generasi mobile native yang gemar menggunakan teknologi untuk menyelesaikan beragam pekerjaan. Dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan Snapchat, Generasi Snapchat memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk berkomunikasi menggunakan gambar dibandingkan kata-kata. Mereka menggunakan AR setiap hari, menghabiskan rata- rata lebih dari 250 juta menit dengan AR Lenses untuk mengekspresikan diri dan menjelajahi dunia di sekitar mereka.

Managing Director International Markets di Snap Inc, Nana Murugesan, mengutarakan bahwa Snap percaya menemukan kembali kamera merupakan peluang terbaik untuk meningkatkan cara hidup dan berkomunikasi masyarakat. Augmented Reality memungkinkan masyarakat kita untuk menemukan dan merasakan pengalaman dunia sekitar mereka dengan cara baru dan immersive.

“Dengan keterlibatan yang semakin meningkat, kami juga memfokuskan diri dalam mengembangkan komunitas kreator Lens dan meningkatkan kemampuan platform AR. Kami juga terus melakukan investasi dalam Lens Studio, aplikasi desktop kami yang berfungsi untuk menciptakan pengalaman Augmented Reality. Melalui Lens Studio, kami membuat proses penciptaan Augmented Reality semakin mudah dan pada saat yang sama, menyediakan alat-alat yang canggih untuk membuka kreativitas para komunitas dan brand di Indonesia,” ungkap Nana.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)