Ini 5 Brand Skincare Penyumbang Penjualan Terbesar di E-commerce

Tidak dipungkiri lagi bahwa produk perawatan wajah dan tubuh menjadi
produk incaran para pembeli ketika berbelanja daring. Telunjuk.com melalui Compas.co.id menghimpun data penjualan skincare sebulan terakhir dari tiga e-commerce (Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia). Hasilnya, ada lima brand yang paling banyak menyumbang penjualan pada tiga e-commerce tersebut.

Kelima brand itu di antaranya Lacoco, Some by Mi, Avoskin, Cetaphil, dan Somethinc. Masing-masing merek tersebut memiliki produk jagoannya, yaitu Lacoco dengan Bust Fit Concentrate Serum, Some by Mi dengan AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner, Avoskin dengan Perfect Hydrating Treatment Essence, Cetaphil melalui Gentle Skin Cleanser, dan Somethinc melalui Niacinamide + Moisture Beet Serum.

"Tercatat lebih dari 63.000 transaksi dengan rata-rata penjualan dari tiap produknya mencapai Rp500 juta," ujar Arya Ospara, Head of User Engagement & User Acquisition Telunjuk.com.

Arya mengungkapkan, Lacoco Bust Fit Concentrate Serum menjadi penyumbang transaksi terbanyak dari seluruh produk skincare dengan total penjualan lebih dari Rp4 miliar selama sebulan terakhir. Transaksi dari produk tersebut juga bahkan menyumbang 55% transaksi dari 4 produk Lacoco favorit lainnya, yaitu Aloe Vera Soothing Mist, Ultimate Golden Swallow Facial Foam, Hydrating Divine Essence, dan Dark Spot Essence.

Persaingan skincare lokal juga terus memanas, apalagi skincare lokal terus bermunculan dengan kualitas yang bersaing dengan produk global. Tiga brand skincare lokal Lacoco, Avoskin, dan Somethinc menjadi brand lokal terlaris yang bahkan bersaing dengan brand dari Korea Selatan.

"Ketiganya menjadi produk yang menyumbang nilai penjualan terbanyak diantara produknya yang lain. Harga ketiga produk tersebut bahkan hanya berkisar Rp140 ribuu hingga Rp289 ribu," tambah Arya.

Arya melanjutkan, beberapa produk skincare menghadirkan kemasan berbagai ukuran sebagai pilihan dan ukuran yang lebih kecil turut menjadi pertimbangan bagi pembeli karena selain praktis, harga yang ditawarkan juga tentu lebih murah.

Seperti produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang menawarkan tiga ukuran dimana ukuran terkecilnya (59 ml) menjadi yang paling laris dan menyumbang transaksi sebesar 33,67%, berbeda tipis dengan ukuran terbesarnya (500 ml) dengan 33,53%.

Sama halnya dengan Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence ukuran kecil (30 ml) yang lebih diminati 68,45% jika dibandingkan dengan ukuran besarnya (100 ml). Hal tersebut menunjukkan bahwa ketertarikan masyarakat membeli kemasan yang lebih kecil ialah selain praktis, perbedaan harganya pun signifikan, bahkan mencapai 40%.

"Berdasarkan insight Compas yang telah dihimpun, dari kelima brand kecantikan yang telah disebutkan di atas, rata-rata harga produk-produk favoritnya tidak lebih dari Rp300.000," ujar Arya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)