Ini Agenda Berkelanjutan Alibaba dalam Festival Belanja Global 11.11

Alibaba Group menggelar Festival Belanja Global 11.11 untuk yang ke-13 kalinya dengan membawa tema inklusivitas dan keberlanjutan. Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung mengatakan bahwa tema tersebut dipilih agar festival yang digelar dapat memberikan makna bagi semua orang, dan mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan yang berkelanjutan serta menjunjung inklusivitas.

“Festival Belanja 11.11 tahun ini menghadirkan lebih dari 290.000 brand. Angka ini menjadi partisipasi tertinggi dalam sejarah 11.11,” kata dia. Ada 2 inisiatif yang menjadi fokus Alibaba dalam perhelatan akbar tahun ini. Fokus pertama adalah dengan membawa produk hijau. Hal tersebut menjadikan Tmall untuk pertama kalinya menghadirkan kolom khusus untuk menampilkan produk yang memiliki efisiensi energi dan berdampak rendah. Selain itu, Alibaba juga akan menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah dan membumikan kemasan bebas plastik yang bisa didaur ulang.

Tidak hanya itu, Lini logistik Alibaba, Cainiao Network, juga telah meluncurkan lebih dari 60.000 pusat pengumpulan dan daur ulang kemasan di seluruh Tiongkok, serta menyediakan 10.000 Cainiao Post Station bagi pengguna untuk dapat menggunakan kembali kemasan dari produk yang dibeli. Inisiatif kedua yang akan menjadi fokus Alibaba adalah penggalangan dana sosial dengan menghadirkan fitur untuk para konsumen agar dapat mendonasikan sebagian keuntungan dari pembelian mereka kepada organisasi sosial yang dipilih.

“Dalam 15 tahun terakhir, program “Goods for Good” berhasil memberikan lebih dari 43 juta bantuan. Beberapa diantaranya adalah menyediakan lebih dari 3 juta bantuan medis, memasang sistem penyaringan air di lebih dari 200 sekolah di daerah pinggiran, dan memberikan hampir setengah juta porsi makanan gratis bagi lansia yang tinggal sendirian di Tiongkok,” ujarnya.

Chris menambahkan melalui festival global 11.11, Alibaba berkomitmen untuk membangun masa depan bagi ekonomi dan konsumsi online. Selain itu, festival ini juga merupakan cara perusahaan dalam memanfaatkan teknologi mutakhir untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif secara lebih efisien, serta memanfaatkan teknologi untuk masa depan.

Pada gelaran festival tahun ini, Alibaba juga telah menggeser pertumbuhan dari Gross merchandise value (GMV) menjadi pertumbuhan berkelanjutan. Contohnya, perusahaan kini berfokus untuk menggaungkan agenda hijau, dan memanfaatkan teknologi hijau untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan bersama dengan brand mitra.

“Kami ingin memanfaatkan pengaruh dan cakupan 11.11 untuk tidak hanya menjual produk, tetapi juga menekankan pentingnya pergeseran ke arah gaya hidup yang berkelanjutan, sebagai tujuan kritis kami, ” kata Chris. Alibaba mencatat pada tahun ini akan ada lebih dari 290.000 brand yang akan tergabung dengan 900 juta konsumen dalam gelaran Festival Belanja Global 11.11 mendatang.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)