Satuair Pelopori Marketplace Ikan Hias di Indonesia

Peluncuran Satuair, aplikasi marketplace ikan hias

Potensi ikan hias di Indonesia sangat besar. Mengutip data Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, dalam periode 2014-2017 lalu lintas ikan hias mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dalam periode 3 tahun volume ikan hias yang dilalulintaskan antar provinsi di Indonesia mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 27,51 % per tahun. Inilah yang mendorong Danang Prima dan Dodi Soufiadi menggagas Satuair.

Karena nilai pertumbuhan lalu lintas ikan hias yang sangat tinggi, mengakibatkan bertambahnya jumlah transaksi & nilai ekonomi yang berangsur membesar setiap tahun. Sampai dengan semester pertama tahun 2019, 64 % transaksi ritel ikan hias masih menggunakan kanal transaksi yang tidak terverifikasi, baik melalui channel sosial media maupun pesan instan, mengakibatkan 98,6% dari pembeli ikan hias kecewa. Hal ini akibat ketidakjujuran dari penjual ikan hias untuk menyampaikan apa adanya kondisi ikan hias yang hendak dijual kepada pembeli.

Kehadiran marketplace yang selama ini masih kurang mewakili kebutuhan transaksi ikan hias. “Masalah terbesar dalam industri ikan hias adalah kesamaan visi dari seluruh pelaku industri untuk menciptakan ekosistem yang kuat dan sehat untuk kehidupan yang lebih baik. Satuair hadir sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah klasik transaksi ikan hias di Indonesia, yaitu terkait dengan kejujuran dalam melakukan transaksi. Karena kami yakin, kejujuran adalah pintu masuk untuk menciptakan ekosistem yang kuat dan sehat,” kata Danang Prima, Founder Aplikasi Satuair.

Danag mengklaim, Satuair sebagai satu-satunya marketplace ikan hias di Indonesia bisa diunduh melalui Google Play untuk pengguna Android sejak 17 Agustus lalu. Danang menjanjikan versi iOS akan hadir dalam waktu dekat. Dengan kampanye #Antibodong, pihaknya mengajak semua pelaku industri ikan hias untuk bersama-sama menjaga dan merawat ekosistem ikan hias di Indonesia dari ketidakjujuran.

“Perbedaan mendasar antara Satuair dengan marketplace yang lain tidak hanya terletak di komoditas utama yang dijajakan. Kami juga membangun algoritma yang mengakomodir seluruh proses transaksi dimulai dari pengategorian jenis ikan hias sampai dengan mekanisme klaim garansi yang sangat unik untuk pelaku industri ikan hias di Indonesia, serta algoritma unik yang mampu memberikan informasi terkait penjual serta pembeli terpercaya dalam platform Satuair,” ujar Dodi Soufiadi Co-founder dari Satuair.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)