Ini Capaian Ellips di Festival 618 Alibaba

Brand perawatan rambut dari Grup Kino, Ellips, meraih capaian kinerja yang positif pada 618 Mid-Year Shopping Festival Alibaba. Total penjualan Ellips melalui flagship storenya di Tmall Global meningkat hampir 3 kali lipat dari periode 20 hari yang sama tahun lalu.

Ellips juga mengalami lonjakan jumlah pembeli baru 4x lipat, sejalan dengan peningkatan jumlah pengunjung 4x lipat dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara, produk andalannya, yaitu vitamin rambut yang mengandung minyak atsiri, populer di konsumen di Tiongkok dengan 10.000 kemasan terjual.

“Situasi pandemi saat ini menuntut kami untuk terus berinovasi dan menggunakan platform digital untuk meraih pasar internasional terlepas dari adanya aturan pembatasan perjalanan ke luar negeri. Kembalinya momentum dan menguatnya basis konsumen kami di Tiongkok setelah pandemi ini dan kesuksesan kami di Festival Belanja 11.11 tahun lalu menambah semangat kami,” ujar Harry Sanusi, Presiden Direktur PT Kino Indonesia Tbk (KINO).

Ia melanjutkan, hasil yang diperoleh perusahaan dari 618 menjadi sinyal baik akan pulihnya konsumsi masyarakat Tiongkok, serta kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan atas produk perawatan rambut dari pasar Tiongkok melalui Tmall Global.

Gelaran 618 Mid-Year Shopping Festival dari Alibaba memungkinkan penjual dan brand internasional, termasuk dari Indonesia, untuk meraih momentum dan terhubung dengan konsumen di tengah pandemi Covid-19. Festival belanja yang digelar di Tiongkok tiap bulan Juni ini memiliki makna berbeda karena menjadi gambaran kondisi perekonomian dan daya beli masyarakat setelah datangnya Covid-19.

"Festival ini juga menunjukkan peran platform belanja online untuk mentransformasi bisnis dan menggairahkan perekonomian. Kesuksesan yang dicapai oleh berbagai brand di 618 menunjukan kekuatan dan keandalan ekosistem Alibaba,” kata Liu Bo, Vice President Alibaba Group dan General Manager Tmall dan Taobao Marketing and Operation.

Liu mengungkapkan, partisipasi brand lokal melalui Tmall naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Sementara pesanan yang dicatatkan UKM yang berjualan di Taobao meningkat 1 miliar lebih banyak dari kampanye 618 tahun lalu. Adapun permintaan atas produk impor melalui Tmall Global meningkat secara signifikan, dengan Gross Merchandise Value (GMV) produk impor meningkat sebanyak 43% dari tahun lalu.

Festival ini diikuti oleh 25.000 brand internasional yang berpartisipasi melalui Tmall Global, termasuk Ellips dari Indonesia. Terdapat 400.000 produk baru yang diluncurkan brand internasional tersebut selama festival belanja, dan 4.000 diantaranya berhasil menggandakan angka penjualan mereka.

Sejumlah brand internasional ternama seperti Adidas, ANTA, Apple, Estée Lauder, Haier, Huawei, La Mer, Lenovo, L'Oréal, Nike, Shiseido, Whoo, dan Xiaomi, masing-masing berhasil meraih GMV sebesar RMB 100 juta pada tahun ini.

Hasil 618 yang menggembirakan dinilai Liu sebagai sinyal pemulihan ekonomi dan konsumsi pasca pandemi, hal ini sejalan dengan catatan Alibaba bahwa GMV barang-barang fisik di Tmall online mengalami pemulihan yang kuat pada bulan April dan terus membaik di bulan Mei.

Selain itu, Festival 6.18 menjadi gambaran dan bukti bagaimana ritel online dapat membantu meningkatkan ekonomi dan konsumsi di Tiongkok, serta bisnis pedagang dan pengecer yang terdampak oleh lockdown karena pandemi Covid-19 awal tahun ini.

Sejumlah catatan menarik dan rekor dari berbagai kategori produk diantaranya, dalam satu jam pertama pada 16 Juni, 25 brand kategori consumer electronics mencatatkan pertumbuhan lebih dari 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Kemudian, penjualan 66 brand pakaian meningkat hingga 600% pada tanggal 1 Juni. Pada jam pertama di 16 Juni, jumlah penjualan 28 brand pakaian melampaui catatan total penjualan harian mereka di periode tahun lalu.

Sementara pada kategori FMCG, produk kosmetik dan makanan mencapai GMV sejumlah RMB 100 juta dalam menit pertama di 16 Juni. Kategori produk ibu dan anak mencetak pencapaian dalam 1,5 menit, dan sektor perawatan dalam 3 menit.

Produk kesehatan juga menarik minat yang kuat. Berdasarkan data dari Alibaba Health, jumlah merchant produk kesehatan meningkat sebanyak 70% di tahun ini. Adapun Taobao Deals, aplikasi konsumen-manufaktur Alibaba, mencatatkan pertumbuhan pesanan manufaktur-konsumen (C2M) signifikan sebanyak 500% year-on-year, dengan lebih dari 200 manufaktur mencatatkan GMV sebesar RMB 1 juta masing-masingnya.

Hal menarik lainnya adalah bagaimana digitalisasi bisnis terjadi selama 618, dimana penjual dan brand menjadikan Tmall lebih dari sekedar platform e-commerce untuk berjualan produk. Mereka menggunakan berbagai tool di Tmall, mulai dari teknologi livestreaming dan filter augmented-realty untuk mencoba produk tata rambut dan wajah, hingga gamifikasi dan 3D shopping untuk terhubung dengan konsumen dan mencetak pertumbuhan di tengah pandemi.

“Kami memiliki posisi yang unik dimana kami menghadirkan berbagai perangkat dan teknologi yang inovatif dan komprehensif untuk mengakselerasikan transformasi digital. Hal ini memprakarsai para brand untuk semakin dekat dengan konsumennya melalui pengalaman belanja yang tidak tertandingi," ujar Liu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)