Management Trends

Ini Capaian Gofood Sepanjang 2022

Gofood

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mencatat nilai transaksi Gofood di Indonesia dan Vietnam tumbuh di atas rata-rata industri pesan-antar makanan Asia Tenggara. Hal ini berkat pertumbuhan jumlah pelanggan setia (pelanggan yang pesanannya di atas nilai transaksi rata-rata pelanggan lainnya) dan meningkatnya rata-rata nilai transaksi per pelanggan di Semester II/2022.

Laporan Momentum Works bertajuk ‘Food delivery platforms ind Southeast Asia (SEA) Jan 2023’ menyebut nilai transaksi Gofood Indonesia dan Vietnam selama tahun 2022 tumbuh lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata industri pesan-antar makanan di Asia Tenggara.

Adapun peningkatan proporsi pelanggan setia di Indonesia naik dari 38% menjadi 52% dari total jumlah pelanggan Gofood. Tren positif bisnis Gofood di Indonesia diikuti bisnis Gofood di Vietnam, yang mana nilai transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun 2021.

Director/Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Catherine Hindra Sutjahyo mengungkapkan, capaian ini merupakan wujud keberhasilan strategi pihaknya yang berfokus untuk mengembangkan solusi produk agar pelanggan semakin setia.

“Pelanggan memiliki keinginan dan perilaku konsumsi makanan yang berbeda-beda. Dengan berbekal pengalaman kami selama delapan tahun menjadi ahli di pasar online food delivery, kami menganalisis dan memanfaatkan data untuk memetakan kebutuhan setiap pelanggan (personalisasi) agar dapat menghadirkan pilihan yang tepat supaya konsumen semakin loyal terhadap layanan kami,” terangnya.

Tidak hanya di sisi pelanggan, menurut Catherine, Gofood mampu mengembangkan solusi bagi mitra usaha kuliner agar mereka dapat menargetkan segmen pelanggan dengan lebih efektif. Secara bersamaan, perusahaan juga membantu mitra usaha kuliner untuk meningkatkan keahlian mengelola bisnis secara berkelanjutan. Tujuannya agar basis pelanggan setia dapat tumbuh dan mendukung bisnis yang sehat tanpa ketergantungan pada promosi.

Baca juga: Gofood Luncurkan Fitur Rekomendasi Kuliner

Lebih jauh Catherine memaparkan tiga strategi utama Gofood menuju pertumbuhan yang sehat dalam rangka mempercepat profitabilitas. Pertama, memperkuat brand Gofood sebagai layanan online food delivery yang memberikan pengalaman kuliner paling menyenangkan dengan rekomendasi tepat berbasis teknologi pencarian. Teknologi ini mampu merekomendasikan menu makanan dan pilihan resto yang sesuai dengan selera, histori, dan budget masing-masing pelanggan.

Kedua, mengembangkan teknologi machine learning untuk alokasi promo yang lebih efektif ke calon pelanggan (potential user), pelanggan baru (new user) maupun yang telah menjadi pelanggan Gofood (existing user) yang dapat didorong menjadi pelanggan setia.

Ketiga, meningkatkan efisiensi dari promo yang dilakukan secara mandiri oleh mitra usaha Gofood (merchant funded promo) untuk membantu meningkatkan pendapatan mitra usaha sekaligus menekan biaya pemasaran mereka.

“Sepanjang tahun 2022, Gofood sukses menjalankan beragam inisiatif yang menghadirkan solusi atas kebutuhan pelanggan serta mendukung pertumbuhan bisnis. Mode Hemat, misalnya, hadir untuk memberikan opsi biaya ongkir yang lebih terjangkau untuk menjaga daya beli pelanggan,” ungkap Catherine.

Selain itu, Gofood juga meluncurkan menu dengan porsi lebih kecil dengan harga lebih terjangkau. Lebih lanjut, paket berlangganan Gofood Plus juga memperoleh animo positif dari masyarakat yang mana jumlah paket langganan naik hampir 60% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sejalan dengan apa yang dihadirkan untuk pelanggan, Gofood juga menjaga keberlangsungan ekosistem agar para mitra usaha kuliner dapat terus mengembangkan bisnisnya, termasuk melalui Dapur Bersama yang merupakan layanan cloud kitchen untuk mendorong ekspansi mitra usaha dan mendekatkan pelanggan dengan kuliner favorit mereka.

Di 2022, di tengah maraknya layanan cloud kitchen yang gulung tikar di industri online food delivery, jumlah Dapur Bersama justru meningkat 170% dibandingkan tahun 2021, yakni menjadi 73 lokasi yang tersebar di 12 kota besar di Indonesia. Sementara, jumlah mitra usaha kuliner Gofood di Indonesia pada 2022 meningkat sebanyak 45% dibanding 2021.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved