Ini Daftar Jawara Mobile Marketing Terbaik 2016

Mobile Marketing Association (MMA) mengumumkan pemenang penghargaan SMARTIES Indonesia Award 2016, sebuah ajang penghargaan mobile marketing bagi kesuksesan dan inovasi perusahaan di Indonesia. Kelvin Gin, Executive Director Kantar Millward Brown Indonesia, mitra SMARTIES Knowledge mengatakan bahwa tahun ini, ada peningkatan fokus dalam pembangunan citra brand untuk jangka panjang melalui kampanye mobile. “Banyak peraih penghargaan yang berfokus pada peningkatan awareness dan persepsi sebagai tambahan untuk direct response dan tujuan penjualan yang lebih fungsional,” ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, (22/9).

Para pemenang SMARTIES Indonesia Award 2016 Para pemenang SMARTIES Indonesia Award 2016

Menurutnya, mobile memiliki kemampuan untuk menjangkau masyarakat secara spesifik dalam momen-momen tertentu ketika mereka mencari atau membutuhkan suatu brand atau produk tertentu. Kampanye-kampanye terbaik tidak hanya menonjolkan hal tersebut, namun membuat profil demografis secara lebih terperinci untuk mengidentifikasi faktor kontekstual yang lebih luas untuk menargetkan khalayak secara kreatif. “Kami melihat peningkatan dalam penggunaan konten yang memberikan pengalaman bagi penggunanya. Tidak hanya video yang menjadi bagian penting dalam kampanye, namun gamification dan penggunaan augmented reality pun kini telah menjadi bagian umum dari mobile marketing,” kata Kelvin.

Tahun ini, Unilever kembali memimpin menjadi perusahaan yang paling banyak memenangkan SMARTIES Indonesia Award 2016 dengan menerima 11 kategori penghargaan, mulai dari kategori Innovation, Location Based, hingga Mobile Audio. SMARTIES Indonesia Award 2016 juga menunjukkan arah yang positif untuk pemain e-commerce di Indonesia, Lazada yang menerima dua penghargaan di kategori Lead Generation / Direct Response / Conversions dan kategori Mobile Native. Hal ini menunjukkan adanya kecenderungan pertumbuhan pertumbuhan sektor e-commerce dari tahun ke tahun di Indonesia.

SMARTIES Indonesia Award memiliki 45 nominasi kampanye untuk lebih dari 20 kategori mulai dari strategi pemasaran, media, teknologi, kreativitas dan penghargaan industri. Selain itu diumumkan juga dua kategori baru di dalam Industry Award, yaitu Enabling Technology Company of The Year yang dimenangkan oleh Opera MediaWorks dan Publisher of the Year yang diraih oleh Facebook Indonesia dan LINE.

Nadiem Makarim, Pendiri & CEO GO-JEK yang telah membawa perusahaannya menjadi salah satu startup teknologi yang memiliki pertumbuhan paling cepat di Indonesia menerima penghargaan Personality of The Year dari SMARTIES Indonesia Awards 2016. Mindshare juga memenangkan Industry Award sebagai Agency of The Year dan Marketer of The Year dimenangkan oleh Unilever.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)