Ini Dia Cara Trakindo Berinovasi

Utoyo S Nurtanio (tengah) Chief Innovation Officer Trakindo Foto: Syukron Ali/SWA Utoyo S Nurtanio (tengah) Chief Innovation Officer Trakindo Foto: Syukron Ali/SWA

PT Trakindo Utama (Trakindo), perusahaan penyedia solusi alat berat Caterpillar tidak diam saja dalam menghadapi siklus ekonomi di Indonesia yang fluktuatif. Dijelaskan oleh Utoyo S Nurtanio, Chief Innovation Officer Trakindo, inovasi adalah nafas utama dalam menjalankan roda bisnis di Trakindo.

Menurut Utoyo, inovasi adalah suatu trobosan dengan cara baru untuk mengerjakan berbagai hal yang dapat menghasilan hal positif dan membuat kehidupan lebih bermanfaat lagi. Semangat inovasi di Trakindo selaras dengan strategi perusahaan dalam memberikan nilai tambah bagi klien.

“Semangat inovasi ini lahir dan didukung langsung dari para top manajemen di Trakindo, dan CEO Trakindo punya peran penting dalam menularkan semangat inovasi sehingga muncul multiplaying efect di dalam tubuh karyawan,” jelas Utoyo saat diskusi bersama awak media di Jakarta (12/10/2016).

Salah satu bentuk konkret yang dilakukan adalah dengan membuat Innovation day yang melibatkan para karyawan untuk melakukan inovasi seputar ekosistem bisnis di Trakindo sejak tahun 2013. Awalnya hanya berjumlah 10 inovator. Namun setelah melakukan banyak edukasi dan sosialisasi, setiap tahun jumlah inovator terus bertambah.

Tahun 2014 ada 75 inovasi dari head office hingga area divisi Trakindo. Bagitu juga di tahun 2015 jumlah peserta dari karyawan Trakindo yang turut serta menyumbangkan temuan-temuan inovatif lebih dari 90 orang. “Meski program inovasi dibuka untuk semua level jabatan, tapi mayoritas para penemu atau inovator berasal dari jajaran mekanik dan teknisi di Trakindo,” jelas Utoyo.

Selain di dalam perusahaan, Trakindo juga membuka kompetisi inovasi di luar perusahaan. Salah satunya membuat kompetisi keahlian teknik alat berat yang berkerja sama dengan sekolah-sekolah kejuruan dan politeknik. Trakindo juga terus menggelar Trakindo Servicement Awars Program (TSAP) sebuah penghargaan untuk mengpresiasi para inovator di Indonesia.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)