Ini Genre Musik yang Diprediksi Bakal Menjadi Tren 2021

Yuanita Agatha, Head of Marketing Joox Indonesia.

Platform musik Joox memprediksi genre musik Dangdut Koplo Remix dan Indonesian Melayu akan semakin digemari masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah search dan pendengar lagu genre tersebut di aplikasi Joox yang meningkat secara signifikan, terutama pada akhir-akhir tahun 2020.

Yuanita Agatha, Head of Marketing Joox Indonesia mengatakan, peningkatan konsumsi masyarakat terhadap film dan serial TV melalui layanan OTT (over-the-top) selama pandemi juga berdampak positif kepada soundtrack film dan serial TV tersebut. Joox melihat bahwa tren Movie & Series Original Soundtrack akan mengalami peningkatan di sepanjang tahun ini.

"Ada peningkatan konsumsi film dan TV series. Ini berdampak juga ke konsumsi soundtrack film dari TV series tersebut. Jadi yang semakin banyak pencariannya khususnya yang berhubungan dengan Korean drama itu semakin booming," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (27/08/2021).

Selain genre musik, Joox melihat bahwa tren virtual interaction masih menjadi pilihan terbaik di tahun ini. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang mendorong masyarakat terbiasa dengan aktivitas virtual, termasuk saat menonton konser.

"Media sosial dan fitur Joox Live bisa menjadi salah satu pilihan bagi para musisi untuk terus berinteraksi dengan penggemar mereka, seperti konser virtual dan obrolan santai dengan format P2P (peer to peer). Oleh karena itu, di tahun 2021 ini Joox akan bekerja sama dengan lebih banyak musisi untuk membuat lagu original maupun eksklusif, serta kegiatan-kegiatan interaktif," jelas Yuanita.

Selain itu, Joox mendukung lebih banyak musisi jagoan dari berbagai daerah di Indonesia melalui kampanye ‘Rumah Jagoan Lokal’. Melalui kampanye ini, Joox menyediakan ‘rumah’ bagi para musisi jagoan lokal untuk memperkenalkan karyanya serta berinteraksi dengan audiens yang lebih luas seperti melalui program kolaborasi Kanal Komunal, Orkes Musik Dangdut, dan Vokal Lokal.

"Kami berharap dengan adanya program-program tersebut dapat membuat penikmat musik menikmati lagu-lagu original dan eksklusif dari para musisi jagoan, serta diskusi interaktif terkait skena dan budaya musik Indonesia," tutur Yuanita.

Seiring dengan perkembangan musik dangdut yang semakin diapresiasi oleh seluruh kalangan, Joox juga menghadirkan kanal khusus musik dangdut, yaitu ‘Orkes Musik Dangdut’. Program ini merupakan salah satu upaya Joox untuk merayakan kebangkitan genre musik dangdut dan mendukung para musisi dangdut dari berbagai daerah.

Di Orkes Musik Dangdut, Joox akan berkolaborasi dengan 12 musisi dangdut jagoan, menghadirkan 200 katalog lagu dangdut eksklusif, Dangdut Top Chart mingguan, kompetisi Karaoke musik dangdut, hingga Dangdut Virtual Concert yang akan tayang eksklusif di Joox Live.

Untuk mengawali tahun 2021 ini, Joox juga meluncurkan fitur terbaru ‘Radio’. Berkolaborasi dengan sederet stasiun radio di antaranya Prambors Jakarta, Motion Jakarta, Hot FM Jakarta, Radio Palupi Bangka, Raka FM Bandung dan masih banyak lagi, pengguna dapat menikmati konten lokal yang lebih variatif dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan demikian, konten-konten radio lokal yang ada di setiap daerah diharapkan dapat terjangkau dan mudah diakses oleh pendengar yang lebih luas lagi.

“Fitur ‘Radio’ semakin memperkuat posisi kami sebagai sebagai Social Entertainment Platform. Kedepannya, kami akan terus berinovasi untuk menghadirkan konten inspiratif yang relevan dengan kebutuhan pengguna dan senantiasa berkolaborasi dengan musisi, komunitas, dan para pelaku industri demi memajukan ekosistem industri kreatif Indonesia,” kata Yuanita.

Ia pun yakin, di tahun 2021 ini, geliat industri musik Indonesia akan terus tumbuh dan akan banyak lahirnya konten-konten dan kolaborasi baru, serta cara kreatif yang akan meramaikan industri musik tanah air. "Kedepannya, kami juga bersemangat untuk berkolaborasi dengan lebih banyak musisi dan komunitas jagoan dari seluruh daerah di Indonesia. Semoga kita sama-sama dapat mendukung perkembangan industri musik tanah air," ujar dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)