Business Research Trends

Ini Jajaran Aplikasi Mobile Terbaik 2021, Ada Jagoanmu?

Ini Jajaran Aplikasi Mobile Terbaik 2021, Ada Jagoanmu?

Di tengah era persaingan digitalisasi bisnis, kini aplikasi mobile menjadi aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Melalui aplikasi mobile, perusahaan atau brand dapat terhubung dengan lebih mudah kepada konsumen serta memanjakan mereka guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Kehadiran aplikasi mobile juga menjadi solusi efektif bagi perusahaan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan aktivitas.

“Tidak hanya itu, bahkan aplikasi mobile juga berpotensi menjadi magnet untuk menggaet pelanggan-pelanggan baru,” ujar Tri Raharjo, CEO Tras n Co Indonesia (08/12/2021).

Melihat manfaatnya yang begitu banyak, tidak heran jika perusahaan atau brand, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan besar semakin serius membangun dan mengembangkan aplikasi mobile sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Karena kata Tri, perusahaan yang tidak memiliki aplikasi mobile, akan berpotensi ketinggalan dengan perusahaan lain.

Pertumbuhan mobile application tersebut untuk kedua kalinya ter-capture oleh perusahaan survei bekerja sama dengan Infobrand.id dalam melakukan riset dan memberikan apresiasi Top Mobile Application Award 2021. Penghargaan ini diberikan kepada brand-brand di Indonesia atas prestasi dalam menciptakan dan mengembangkan aplikasi mobile, serta dipilih dan mendapat rating terbaik oleh penggunanya.

Riset ini dilakukan pada Agustus – Oktober 2021 dengan melibatkan 100 kategori aplikasi dan lebih dari 1.000 aplikasi teriset. Ada tiga parameter penilaian; Installed Based, Rating Application Based, dan User Experiences Based. “Dari riset yang dilakukan di toko aplikasi sistem operasi Android (playstore), teriset 1.000 lebih aplikasi dari 100 kategori. Dari aplikasi teriset, tercatat ada 53 miliar unduhan, 1,16 miliar ulasan pengguna, dengan rating rata-rata 4,0,” jelas Tri.

Adapun 10 kategori aplikasi mobile dengan unduhan terbanyak adalah; Aplikasi Social Media (19,3 miliar), Aplikasi Online Chat (13,4 miliar), Aplikasi Voice/Video Call (8,4 miliar), Aplikasi Map, GPS Navigation (5,2 miliar), Aplikasi Music Player (2,5 miliar), Aplikasi Film & TV Berlangganan (1,2 miliar), Aplikasi Restaurant/Food Recommendation (311,75 juta), Aplikasi Marketplace (288,21 juta), dan Aplikasi Online Transportation (262,10 juta).

Sementara 10 kategori aplikasi mobile dengan ulasan terbanyak antara lain; Aplikasi Social Media (439,05 juta), Aplikasi Online Chat (294,42 juta), Aplikasi Voice/Video Call (195,88 juta), Aplikasi Music Player (46,28 juta), Aplikasi Marketplace (26,36 juta), Aplikasi Maps/GPS Navigation (25,96 juta), Aplikasi Film & TV Berlangganan (16,14 juta), Aplikasi Pembelajaran & Bimbel Online (14,54 juta), Aplikasi Online Transportation (14,17 juta), Aplikasi Layanan Pelanggan Provider Seluler (13,17 juta).

Selanjutnya, peraih penghargaan Top Mobile Application Award 2021 adalah: My Super Indo untuk kategori Aplikasi Hypermarket/Supermarket, Alfagift untuk kategori Aplikasi Layanan Minimarket, Kimia Farma Online untuk kategori Apotek Online, Shop&Drive Mobile App untuk kategori Layanan Ganti Aki Kendaraan, Nimo TV untuk kategori Aplikasi Live Stream, BNI Mobile Banking untuk kategori Aplikasi Mobile Banking Bank Nasional, BNI Credit Card Mobile untuk kategori Aplikasi Informasi Kartu Kredit, Muamalat Din untuk kategori Aplikasi Mobile Banking Syariah, dan LinkAja untuk kategori Aplikasi Uang Elektronik.

“Top Mobile Application Award 2021 menjadi bukti keberhasilan perusahaan dan brand dalam menciptakan saluran pemasaran langsung kepada konsumen. Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa perusahaan menempatkan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama perusahaan,” ujar Susilowati Ningsih, CEO Infobrand Group.

Tidak hanya itu, imbuh Susilowati, melalui penghargaan ini brand juga dapat membangun positioning perusahaan dalam persaingan di era digital. Kemudian sebagai apresiasi perusahaan terhadap konsumen yang telah merasakan manfaat dan nilai lebih yang ditawarkan melalui mobile apps. Terakhir, sebagai apresiasi kepada perusahaan yang berhasil menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas serta engagement kepada konsumennya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved