Ini Langkah yang Harus Dilakukan BUMN agar Kompetitif

Saat ini, dunia sudah mulai memasuki era digital. Bahkan, semenjak pandemi Covid-19  melanda dunia, proses digitalisasi ini menjadi semakin pesat kemajuannya. Segala aktivitas yang sebelumnya masih dilakukan secara offline, dipaksa untuk bisa sepenuhnya dilakukan secara online akibat adanya pandemi. Tidak terkecuali aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, di tengah proses digitalisasi yang semakin pesat, BUMN justru mengalami kemunduran.

Dalam konferensi pers virtual yang dilaksanakan pada Senin, 5 Juli 2021 Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan pendapatnya mengenai kelanjutan hidup BUMN di tengah era digital ini. Erick mengaku khawatir BUMN akan punah jika tidak mampu bersaing dengan perusahaan lain.

"Kita juga melihat bagaimana pabrik-pabrik manufaktur itu akan menuju ke digitalisasi. Inilah yang sangat saya khawatirkan, ketika BUMN-nya tidak siap mentransformasikan, maka akan punah. Karena kalah di persaingan," ujar Erick.

Erick juga menegaskan bahwa Kementerian BUMN maupun perusahaan negara harus melakukan proses transformasi, salah satunya yaitu dengan melakukan penguatan sumber daya manusia (SDM). Erick meyakini penguatan SDM akan membantu BUMN untuk dapat bersaing di tengah era digital.

Hal yang bisa dilakukan untuk menguatkan SDM antara lain dengan memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan, terutama pelatihan terkait skill yang dibutuhkan di era digital. Namun, mengingat kondisi pandemi yang masih mengkhawatirkan, pelatihan yang melibatkan banyak karyawan tentunya masih belum bisa dilakukan secara offline. Sebaiknya, perusahaan mengadakan pelatihan secara online melalui Learning Management System (LMS). 

LMS dari Ruangkerja by Ruangguru dapat menjadi solusi  bagi BUMN untuk memberikan pelatihan karyawan secara online. Ruangkerja merupakan platform LMS yang efektif dan efisien untuk pelatihan perusahaan. Melalui ruangkerja, BUMN dapat memenuhi kebutuhan peningkatan kemampuan karyawannya sehingga daya saing BUMN di tengah era digital pun akan turut meningkat.  Lalu, mengapa ruangkerja menjadi solusi yang tepat bagi BUMN? Sebab, ini memberikan akses ke materi pelatihan tanpa batasan waktu dan tempat.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)