Ini Pencapaian Blibli di Hari Jadi ke-9

Merayakan ulang tahunnya yang ke-9, Blibli terus berusaha menghadirkan kemudahan-kemudahan untuk pelanggan dan mitra seller melalui ekosistem e-commerce nya yang menyeluruh. Marketplace ini juga menyadari bahwa inovasi harus terus dilakukan, tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk masa depan.

Kusumo Martanto, CEO Blibli mengatakan, di situasi pandemi ini semakin membuktikan bahwa e-commerce menjadi penopang penting bagi perputaran barang dan layanan antara penjual dan pembeli, termasuk ekonomi Indonesia. Sebagai e-commerce lokal, pihaknya berharap dapat membawa sebuah disrupsi yang positif dengan menghadirkan layanan dan fitur-fitur inovatif untuk mendorong transformasi digital di negara ini.

“Tahun 2020 menjadi masa penuh tantangan karena kita harus melakukan penyesuaian terhadap interaksi dengan sesama. Situasi saat ini juga mengingatkan kita bahwa keadaan terus berubah, untuk itu kita harus selalu siap beradaptasi. Itulah yang kami lakukan sejak awal berdiri dan lebih-lebih sejak awal tahun ini. Ini yang membawa kami terus berjalan dan berlari sampai sekarang,” katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (20/07/2020).

Upaya-upaya yang dilakukan Blibli untuk menghadirkan layanan yang memudahkan pelanggan dan mitra di antaranya Clict and Collect, Tukar Tambah, Blibli Mitra, dan peluncuran toko offline Bliblimart. Blibli juga bekerja sama dengan brand-brand ternama dan menjadi exclusive partner merchandise untuk film-film Star Wars, meluncurkan official store brand-brand otomotif dunia, smartphone, gadget, dan FMCG internasional maupun nasional.

“Kami terus berusaha menghadirkan pengalaman belanja secara menyeluruh melalui ekosistem kami. Di era digital, keamanan juga menjadi sangat penting. Keseriusan kami dalam mengelola data pelanggan dan perusahaan dibuktikan dengan sertifikasi ISO 27001,” lanjutnya.

Untuk meningkatkan pelayanan pengiriman, Kusumo menyampaikan, pihaknya terus melakukan ekspansi puluhan warehouse, hub, dan mobile hub di seluruh Indonesia. Selain itu, perusahaan juga menambah pilihan pengiriman barang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, termasuk menambah beragam pilihan pembayaran seperti fitur Pay Later.

“Untuk memudahkan pencarian produk bagi teman-teman muslim, kami menghadirkan kurasi Blibli Hasanah. Ada juga kurasi menu restoran berkolaborasi dengan restoran dan kafe di Indonesia untuk menyiapkan makan cepat saji favorit konsumen,” ungkap Kusumo.

Sementara untuk mendukung industri pariwisata yang terkena imbas Covid-19, perusahaan menghadirkan virtual tour untuk destinasi wisata lokal dan internasional yang berkolaborasi dengan para agen pariwisata. Bekerjasama dengan pemerintah, Blibli juga mendorong industri UMKM di masa pandemi dengan ikut mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia

“UMKM menjadi bagian dari tanggung jawab kami sebagai industri e-commerce. Kami ingin mereka tetap berjualan baik offline maupun online. Dan kami yakin ini waktu yang tepat untuk semua UMKM mengadopsi platform digital. Kami juga tidak akan berdiam diri, kami akan terus mendampingi dan memberikan sharing session pada teman-teman UMKM,” tekadnya.

Melalui berbagai inisiatif tersebut, Blibli pun mencatatkan pertumbuhan mitra seller lebih dari 2 kali lipat selama masa pandemi, dengan hasil penjualan dari UMKM rata-rata mengalami peningkatan lebih dari 6 kali lipat. Adapun top 3 produk lokal yang paling banyak dicari diantaranya jamu yang mengalami kenaikan 6 kali lipat, produk kesehatan dan kecantikan yang naik 4 kali lipat, dan groceries naik 4 kali lipat.

Memeriahkan perayaan hari ulang tahun ke-9, Blibli juga menyiapakn berbagai program belanja dalam satu tema besar yaitu Blibli 9th Anniversary: Bagi-Bagi Hepi. VP Business Development dan Project Lead Blibli 9th Anniversary, Cindy Kalensang mengatakan, festival ini menjadi bentuk apresiasi Blibli kepada pelanggan serta mengajak seluruh masyarakat untuk merayakannya dengan aman dari rumah.

Berbagai rangkaian acara hiburan dan belanja akan disiarkan langsung dari aplikasi dan website Blibli selama tujuh hari mulai dari 20 - 26 Juli 2020. Festival ini akan fokus pada satu kategori besar setiap harinya seperti Festival untuk Ibu, Belanja Berkah, Sehat dan Cantik Maksimal, Bapak Keren, Anak Muda Hits, Keluarga, dan Festival Puncak Bagi-bagi Hepi.

Seperti temanya, Blibli juga menghadirkan penawaran menarik seperti cashback hingga Rp999.000, promo brand deals hingga 80%, dan tambahan diskon lainnya. Pelanggan bisa berburu produk favorit mereka mulai dari gadget, kebutuhan rumah tangga, otomotif, produk kecantikan, hingga mainan anak.

Selain itu, para pelanggan dapat menyaksikan siaran langsung bincang-bincang dengan artis favorit seperti Dian Sastrowardoyo, Najwa Shihab, Gading Marten, Lyodra, dan masih banyak lagi. Untuk pecinta musik, pelanggan dapat menikmati konser dari musisi favorit seperti Dhipa Barus, Marion Jola, Ardhito Pramono, dan Disko Pantera. 

Selain memberikan hiburan, kata Cindy, strategi Blibli adalah mengedepankan produk-produk yang banyak dicari selama pandemi dengan menggandeng lebih dari 100 brand yang berpartisipasi dalam program ulang tahun ini.

“Satu jam sejak peluncuran program ini, traffic nya sudah naik 4 kali lipat. Produk yang paling laris per jam 10 pagi hari ini yaitu kecap pouch yang sudah terjual lebih dari 20 ribu pouch. Kategori favorit Bliblimart juga menunjukkan performa yang cukup kuat, jam 10 tadi ordernya sudah dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Kesehatan dan kecantikan juga naik 4 kali lipat,” papar Cindy yang berharap dengan adanya festival ini akan meningkatkan pertumbuhan penjualan hingga dua atau tiga kali lipat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)